Pengaruh perceived spatial crowding, co-visitor, promotional event terhadap arousal dan word of mouth pada konsumen di Mall Royal Plaza Surabaya

Aini, Windy Nurul (2019) Pengaruh perceived spatial crowding, co-visitor, promotional event terhadap arousal dan word of mouth pada konsumen di Mall Royal Plaza Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (891kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 .pdf

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pusat perbelanjaan di era modern sekarang ini berbeda dengan jaman dahulu, pusat perbelanjaan era modern ini dirancang dengan toko-toko ritel dan fasilitas yang mendukung untuk memberikan kenyamanan di dalam kegiatan jual beli di dalamnya. Dengan seiringnya zaman yang semakin berkembang, fungsi pusat perbelanjaan tidak hanya sebagai tempat untuk kegiatan perdagangan dan berbelanja saja, tetapi masyarakat juga menjadikan mall sebagai tempat refreshing bersama keluarga ataupun teman, tempat kehidupan publik dan menjadi wadah interaksi sosial. Shopping mall mengkonsentrasikan dan merasionalkan waktu dan aktivitas masyarakat, sehingga menjadi pusat aktivitas sosial dan akulturasi. Sekarang konsumen tidak hanya mencari manfaat utilitarian, tetapi konsumen juga mencari keuntungan emosional seperti kesenangan dan rekreasi saat berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang emosi konsumen di pusat perbelanjaan dengan mempertimbangkan dimensinya yaitu gairah. Model konseptual dikembangkan dengan mempertimbangkan beberapa faktor-faktor penentu yaitu perceived spatial crowding, co-visitor dan promotional event dan hasil yaitu word of mouth dari arousal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian studi kepustakaan dan kuesioner. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah metode SEM lisrel 8.80. responden yang diambil adalah konsumen Mall Royal Plaza Surabaya sebanyak 160 orang. Hasil penelitian ini menunjukan perceived spatial crowding, co-visitor, promotional event berpengaruh positif terhadap arousal serta arousal berpengaruh positif terhadap word of mouth. Namun untuk co-visitor menunjukan hasil yang positif namun tidak signifikan terhadap arousal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Mall Royal Plaza Surabaya maka dapat disimpulkan bahwa beberapa konsumen mall Royal Plaza Surabaya apabila ditemani oleh co-visitor baik itu teman atau keluarga tidak terlalu menimbulkan gairah pada mall Royal Plaza Surabaya, yang mana bisa dikatakan mengurangi gairah untuk berjalan-jalan dan berbelanja di mall.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perceived spatial crowding, co-visitor, promotional event, arousal, word of mouth
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7130 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 03:05
Last Modified: 15 Jul 2019 03:05
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19225

Actions (login required)

View Item View Item