Pengaruh pemberian balsam minyak atsiri cedarwood terhadap indeks organ hati dan ginjal pada tikus putih jantan yang dibuat stres

Tati, Rebeka (2019) Pengaruh pemberian balsam minyak atsiri cedarwood terhadap indeks organ hati dan ginjal pada tikus putih jantan yang dibuat stres. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy

Abstract

Minyak atsiri Cedarwood digunakan sebagai relaksan untuk menangani stres. Pemakaian minyak atsiri secara langsung dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Evaluasi keamanan pemakaian balsam minyak atsiri Cedarwood dilakukan dengan mengamati pengaruh terhadap indeks organ hati dan ginjal pada hewan coba. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengamati pengaruh dari pemberian balsam minyak atsiri Cedarwood dengan konsentrasi 10%, 20%, dan 30% terhadap indeks organ hati dan ginjal dimana kedua organ ini memungkinkan terpapar senyawa uji yang masuk ke dalam tubuh. Hewan coba yang digunakan dibagi dalam 6 kelompok percobaan yaitu K1 kelompok normal tanpa perlakuan, K2 kelompok dengan perlakuan induksi stres, K3 kelompok dengan perlakuan induksi stres kemudian diberi basis balsam, K4 kelompok yang diinduksi stres dan diberi balsam uji 10%, K5 induksi stres dan balsam uji 20%, K6 induksi stres dan balsam uji 30%. Pembedahan dilakukan setelah perlakuan 10 hari, 20 hari, dan 30 hari pada setiap kelompok percobaan. Hasil analisis uji secara statistik, diperoleh nilai p=0,254 pada indeks organ hati dan p=0,162 pada indeks organ ginjal. Berdasarkan hasil analisis statistik (p>0,05) menunjukkan tidak ada data yang berbeda bermakna dari setiap kelompok percobaan. Maka dapat disimpulkan bahwa pemakaian 10, 20, dan 30 hari minyak atsiri Cedarwood dengan konsentrasi 10%, 20%, dan 30% tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada indeks organ hati dan ginjal dari hewan coba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Minyak atsiri Cedarwood, stres, indeks organ, hati, ginjal
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 7189 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 08:06
Last Modified: 06 Aug 2019 08:06
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19069

Actions (login required)

View Item View Item