Penggambaran perempuan muslim dalam iklan produk kecantikan hijab fresh - fresh hand & body lotion versi “Bebas PeDe”

Devita, Dita (2019) Penggambaran perempuan muslim dalam iklan produk kecantikan hijab fresh - fresh hand & body lotion versi “Bebas PeDe”. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggambaran perempuan Muslim dalam iklan produk kecantikan Hijab Fresh - Fresh Hand & Body Lotion versi “Bebas PeDe”. Dalam iklan ini, perempuan Muslim digambarkan berbeda dengan realita sosial yang ada. Perempuan Muslim ditampilkan berbeda dalam hal aktivitas yakni bermain band dan melakukan olahraga serta dalam hal pakaian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti adalah perempuan Muslim dalam iklan tersebut ditampilkan dengan melakukan kegiatan-kegiatan maskulin, yang diidentikkan dengan laki-laki tetapi tetap dengan menggunakan pakaian Muslim mereka yang menutup aurat. Perempuan Muslim juga digambarkan sebagai perempuan yang berkedudukan setara, bebas beraktivitas, sporty, percaya diri, selalu bahagia, bisa meraih kebebasan tanpa melanggar batas, merasa nyaman dengan pakaian yang dikenakannya, dan tetap menampilkan sisi feminimnya walaupun sedang melakukan aktivitas yang maskulin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Semiotika, perempuan muslim, maskulinitas, iklan, penggambaran
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 6923 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2019 01:50
Last Modified: 02 Jul 2019 01:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18654

Actions (login required)

View Item View Item