Pengaruh faktor ekstrinsik, intrinsik, dan kompleksitas kerja terhadap kepuasan kerja pada guru sekolah dasar di Yayasan Yohanes Gabriel Perwakilan II Surabaya

Widjayanto, F. X. Tri (2019) Pengaruh faktor ekstrinsik, intrinsik, dan kompleksitas kerja terhadap kepuasan kerja pada guru sekolah dasar di Yayasan Yohanes Gabriel Perwakilan II Surabaya. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan kerja adalah salah satu pemicu motivasi dan kinerja guru di sekolah. Guru yang mendapat kepuasan kerja di sekolah memiliki motivasi kuat untuk selalu meningkatkan kinerja. Kinerja yang tinggi sangat penting agar guru dapat memberikan pelayanan terbaik bagi murid, orang tua, warga sekolah, serta semua pihak yang terkait dengan sekolah. Kepuasan kerja dan kinerja yang baik dapat meningkatkan mutu sekolah secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris tentang pengaruh faktor ekstrinsik, intrinsik, dan kompleksitas kerja terhadap kepuasan kerja pada guru sekolah dasar di Yayasan Yohannes Gabriel Perwakilan II Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan 40 responden yang merupakan guru yang berstatus tetap pada semua sekolah dasar di Yayasan Yohanes Gabriel Perwakilan II Surabaya. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan observasi. Sampel diambil dengan menggunakan metode sensus dan melibatkan responden sebanyak 40 orang guru. Tahapan analisis data dilakukan melalui uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor ekstrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dapat membuktikan bahwa faktor intrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dapat membuktikan bahwa kompleksitas kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru. Penelitian ini dapat membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari faktor ekstrinsik, faktor intrinsik, dan kompleksitas kerja secara simultan terhadap kepuasan kerja guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut yang diperdalam dan dikembangkan. Saran lebih lanjut disampaikan untuk yayasan. Pengembangan guru melalui pelatihan dan pembinaan hendaknya menjadi program utama. Yayasan hendaknya memberikan kepercayaan penuh bagi guru bekerja, menggunakan segala kemampuan, dan bertanggung jawab melaksanakan tugas. Di sisi lain, guru merasakan kepuasan kerja ketika mereka dapat menggunakan semua kemampuan dan ketrampilan yang bervariasi, serta menentukan metode dan prioritas kerja mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Faktor ekstrinsik, faktor intrinsik, kompleksitas kerja, kepuasan kerja guru
Subjects: Business > Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 6913 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2019 06:15
Last Modified: 05 Jul 2019 06:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18621

Actions (login required)

View Item View Item