Laporan kerja praktek PT. Pertamina (Persero) refinery unit IV Cilacap evaluasi heat exchanger (240-E-127) pada unit MEK Dewaxing Unit Lube Oil Complex III 1 Maret – 30 April 2019

Sanjaya, Satrio and Santoso, Galuh Chandra Krisna Wardhana Putra (2019) Laporan kerja praktek PT. Pertamina (Persero) refinery unit IV Cilacap evaluasi heat exchanger (240-E-127) pada unit MEK Dewaxing Unit Lube Oil Complex III 1 Maret – 30 April 2019. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
0. Abstrak.pdf

Download (528kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
1. Bab I.pdf

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
2. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
3. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
4. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
5. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
6. Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
7. Bab VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
8. Bab VIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
9. Bab IX + Daftra Pustaka.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

PT. Pertamina (Persero) merupakan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang energi meliputi minyak, gas, serta energi baru dan terbarukan. PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit IV yang berlokasi di Cilacap merupakan salah satu dari 7 unit pengolahan PT. Pertamina yang mempunyai kegiatan bisnis utamanya adalah mengolah minyak mentah (Crude Oil) menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non-BBM (minyak dasar, pelumas, dan aspal) dan petrokimia. PT. Pertamina RU IV Cilacap merupakan unit pengolahan yang memiliki kapasitas produksi terbesar yakni 348.000 barrel/hari dan terlengkap jenis produknya. Kilang ini bernilai strategis karena memasok 34% kebutuhan BBM nasional atau 60% kebutuhan di Pulau Jawa. PT. Pertamina Refinery Unit IV Cilacap terbagi menjadi Kilang Minyak I, Kilang Minyak II, Kilang Paraxylene, Kilang LPG & Sulphur Recovery Unit, dan Kilang RFCC (Resid Fluid Catalytic Cracking). Kilang Minyak I didesain untuk menghasilkan produk BBM dan non-BBM (minyak dasar pelumas dan aspal) dari minyak mentah impor (Arabian Light Crude, Iranian Light Crude, Basrah Light Crude). Kilang Minyak II mengolah minyak mentah dalam negeri yang kadar sulfurnya lebih rendah. Bahan bakunya adalah campuran minyak mentah domestik dan impor (Cocktail). Kilang Paraxylene mengolah hasil naphta yang dihasilkan dari Kilang Minyak II. Kilang LPG & Sulphur Recovery Unit mengolah off gas dari berbagai unit di RU IV menjadi produk berupa LPG, kondensat, dan sulfur cair. Tugas khusus yang dilakukan adalah mengevaluasi kinerja dari Heat Exchanger pada unit methyl ethyl ketone (MEK) Dewaxing Unit 240-E-127. Evaluasi ditinjau dari segi heat loss, fouling factor, dan preasure drop. Dari hasil yang didapatkan diketahui terjadi kehiangan panas (heat loss) sebesar 13%. Fouling factor yang didapatkan dari hasil perhitungan evaluasi adalah sebesar 0,00085 jam.m2.⸰C/Kcal, sedangkan disain sebesar 0,0007 jam.m2.⸰C/Kcal. Penyimpangan tersebut masih dalam batas toleransi. Sedangkan dari segi pressure drop, hasil perhitungan evaluasi masih di bawah batas desain alat. Dari kedua parameter tersebut maka bisa disimpulkan bahwa alat Heat Exchanger 240-E-127 masih layak untuk digunakan. Saran untuk PT. Pertamina (Persero) RU IV Cilacap : 1. Alat – alat yang beroperasi pada suhu tinggi sebaiknya mendapat tambahan isolator untuk mencegah kehilangan panas. Selain itu pipa saluran dari satu alat ke alat lain sebaiknya diberi isolator untuk mencegah kehilangan panas selama proses perpindahan fluida. 2. Pada Heat Exchanger 240-E-127 sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara rutin. Sehingga mengurangi resiko meningkatnya fouling factor atau pun peassure drop.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 6272 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 08:38
Last Modified: 24 Jul 2019 08:38
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18531

Actions (login required)

View Item View Item