Pengembangan perangkat pembelajaran fisika pokok bahasan suhu dan kalor dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik

Samapoupou, Junita Veronika (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika pokok bahasan suhu dan kalor dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk melatihkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (781kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pada proses belajar mengajar di banyak sekolah sering dijumpai peserta didik masih mengalami kesulitan untuk belajar fisika. Hal ini terutama disebabkan oleh ketidak tersediaan perangkat pembelajaran yang lengkap dan memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika dengan pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Secara lebih spesifik, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dipilih sebagai basis untuk pengembangan perangkat pembelajaran dan SMA Santo Carolus Surabaya dipilih sebagai sekolah untuk melakukan uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Sebagai indikator keberhasilan ditetapkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan harus memperoleh skor minimal 3.0 (dari skor maksimum 4), menghasilkan keaktifan peserta didik minimal 75 % dan menghasilkan gain skor minimal dalam kategori sedang. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Buku Ajar (BA) dan Rencana Evaluasi (RE) secara berurutan memperoleh skor 3,33, 3,46, 3,47, 3,43, dan 3,29. Setelah diuji cobakan diperoleh keaktifan peserta didik rata-rata 87,9% dan gain skor sebesar 0,77 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian penelitian pengembangan perangkat pembelajaran fisika berhasil terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Physics learning tools, learning achievement, temperature and heat, Numbered Heads Together (NHT).
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 6785 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 07:41
Last Modified: 14 May 2019 07:41
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18406

Actions (login required)

View Item View Item