Penggunaan metode pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa statistika praktikum fakultas psikologi.

Hapsari, Elisabet Widyaning (2017) Penggunaan metode pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa statistika praktikum fakultas psikologi. Experientia: Jurnal Psikologi Indonesia, 5 (1). pp. 31-44. ISSN 2252-7702

[thumbnail of Penggunaan metode pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa statistika praktikum fakultas psikologi.]
Preview
Text (Penggunaan metode pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa statistika praktikum fakultas psikologi.)
4-Penggunaan_metode_pembelajaran_....pdf

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of Penggunaan metode pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa statistika praktikum fakultas psikologi_peer_review]
Preview
Text (Penggunaan metode pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa statistika praktikum fakultas psikologi_peer_review)
4-Penggunaan_metode_.pdf

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Penggunaan metode pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa statistika praktikum fakultas psikologi.]
Preview
Text (Penggunaan metode pembelajaran kooperatif student team achievement division (STAD) dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa statistika praktikum fakultas psikologi.)
4-Penggunaan_metode_pembelajaran_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektivitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif STAD terhadap motivasi berprestasi para mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Statistika Praktikum. Matakuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang menjadi “momok” bagi para mahasiswa karena tidak pernah meluluskan 100% mahasiswanya. Melalui pembelajaran kooperatif STAD diharapkan dapat membantu para mahasiwa dalam memahami materi dengan lebih baik melalui bantuan orang yang lebih mampu. Dalam penelitian ini orang yang yang lebih mampu tersebut adalah dosen, asisten dosen dan teman satu kelompok. Hasil yang signifikan (p< 0,05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi berprestasi pada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Statistika Praktikum. Terlihat bahwa motivasi berprestasi para mahasiswa tersebut meningkat setelah mengikuti mata kuliah Statistika Praktikum yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif STAD.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, STAD, Motivasi Berprestasi
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 19 Mar 2019 03:29
Last Modified: 12 Jun 2019 04:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18165

Actions (login required)

View Item View Item