Balanced scorecard sebagai pengukuran kinerja pada organisasi sektor publik : sebuah kajian teoritis

Fandiawati, Lia (2006) Balanced scorecard sebagai pengukuran kinerja pada organisasi sektor publik : sebuah kajian teoritis. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Organisasi sektor publik adalah organisasi yang didirikan dengan tujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini menyebabkan organisasi sektor publik diukur keberhasilannya melalui efektivitas dan efisiensi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Penggunaan Balanced Scorecard memberikan manfaat bagi organisasi antara lain meningkatkan komunikasi antar individu dalam organisasi, manajemen dapat fokus pada proses organisasi secara keseluruhan, membawa setiap unit dalam organisasi kearah yang sama yaitu melayani masyarakat, memotivasi pekerja, meningkatkan sistem penghargaan, dan meningkatkan kepuasan pekerja. Balanced scorecard dapat digunakan pada organisasi publik setelah dilakukan modifikasi dari konsep balanced scorecard yang awalnya ditujukan bagi organisasi bisnis. Modifikasi tersebut antara lain adalah dalam hal misi organisasi publik, sehingga tujuan utama suatu organisasi publik adalah memberi pelayanan kepada masyarakat dapat tercapai secara efektif dan efisien. Selain itu, modifikasi dilakukan dalam empat perspektif yang digunakan, antara lain: perspektif customer dan stakeholders dalam organisasi publik diwujudkan dalam perspektif pada masyarakat secara luas, perspektif proses bisnis internal dalam organisasi pemerintahan diwujudkan dalam pemikiran ini harus diterjemahkan sebagai upaya untuk melakukan kualitas layanan secara berkelanjutan, dan perspektlf learning and growth yang diwujudkan melalui staff dan kapasitas organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Aurelia Riana Ika Susanti
Date Deposited: 30 Mar 2015 08:34
Last Modified: 30 Mar 2015 08:34
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item