Pengaruh transformational leadership dan job characteristic terhadap job performance melalui employee engagement pada perawat di Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya

Santoso, Serafine Hosana (2019) Pengaruh transformational leadership dan job characteristic terhadap job performance melalui employee engagement pada perawat di Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rumah Sakit merupakan suatu unit usaha jasa yang memberikan jasa pelayanan sosial di bidang medis klinis. Perkembangan pengelolaan rumah sakit, baik dari aspek menejemen maupun operasional sangat dipengaruhi oleh tuntutan dari lingkungan, yaitu antara lain bahwa rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan biaya pelayanan kesehatan terkendali sehingga akan berujung pada kepuasan pelanggan. Seperti halnya bisnis, rumah sakit juga akhirnya mengharapkan kinerja yang tinggi dari setiap karyawan yang ada di dalamnya, terutama perawat yang secara langsung berhubungan dan berinteraksi dengan pelanggan dan menjadi salah satu sumber daya yang memberikan pelayanan di dalam rumah sakit, selain dokter. Peran sumber daya manusia sangat penting di dalam jasa layanan rumah sakit. Kinerja merupakan sebuah hal yang krusial bagi Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya. Terdapat dua variabel yang dapat memengaruhi job performance yaitu transformational leadership dan job characteristic dan variabel interveningnya adalah employee engagement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh antara transformational leadership dan job characteristic terhadap job performance melalui employee engagement pada perawat di Rumah Sakit Mata Undaan. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu melalui kuesioner yang dibagikan kepada perawat yang ada di Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya. Pengambilan data dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 70 orang perawat yang sesuai dengan kriteria responden yang telah ditetapkan. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan metode structural equation model (SEM) dan menggunakan AMOS sebagai alat pengolahan data. Berdasarkan hasil penelitian ini transformational leadership terbukti tidak berpengaruh terhadap employee engagement maupun job performance, job characteristic terbukti berpengaruh signifikan terhadap employee engagement dan job performance, serta employee engagement terbukti berpengaruh signifikan terhadap job performance.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Transformational leadership, job characteristic, employee engagement, job performance
Subjects: Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 6700 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2019 10:46
Last Modified: 01 Feb 2019 10:46
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17800

Actions (login required)

View Item View Item