Pengaruh komponen kesehatan bank terhadap tingkat efisiensi bank yang listing di BEI periode 2013-2017

Prasetiyo, Heri (2018) Pengaruh komponen kesehatan bank terhadap tingkat efisiensi bank yang listing di BEI periode 2013-2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)

Abstract

Berdasarkan data perbankan yang diamati peneliti, NPL (Non Performing Loan), perbankan Indonesia berada pada posisi baik, LDR (Loan to Deposit Ratio) berada pada posisi cukup baik, GCG (Good Corporate Governance) berada pada posisi baik, ROA (Return On Assets) berada pada posisi sangat baik, NIM (Net Interest Margin) berada pada posisi yang baik dan CAR (Capital Adequacy Ratio) berada pada posisi yang sangat baik. Sedangkan rasio BOPO untuk Bank BUKU 1 dan BUKU 2 masih di atas batas yang ditentukan Bank Indonesia (85%), yakni rata-rata berada di kisaran 85,33%. Kemudian rasio BOPO untuk Bank BUKU 3 dan BUKU 4 juga berada di atas atas batas yang ditentukan Bank Indonesia (75%), yakni rata-rata berada di kisaran 78,73%. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komponen kesehatan bank (RGEC) pada periode sebelumnya (t-1) yang diproksikan dengan Non Performing Loan (NPLt-1), Loan to Deposit Ratio (LDRt-1), Good Corporate Governance (GCGt-1), Return On Assets (ROAt-1), Net Interest Margin (NIMt-1) dan Capital Adequacy Ratio (CARt-1) terhadap BOPO (Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional) periode saat ini (t). Sampel penelitian menggunakan 40 perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2013-2017 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh dari laporan keuangan tahunan (financial report) dan laporan tahunan (annual report). Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda data panel yang diolah dengan program Eviews.09. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan analisis dan pembahasan pada bab 4, kesimpulan penelitian ini adalah bahwa secara keseluruhan tingkat kesehatan bank pada periode sebelumnya (t-1) tidak memberi pengaruh yang signifikan terhadap tingkat efisiensi perbankan pada periode saat ini (t). Namun ada satu komponen tingkat kesehatan bank, yakni Good Corporate Governance (GCG) pada periode sebelumnya (t-1) memberi pengaruh terhadap tingkat efisiensi perbankan pada periode saat ini (t).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: NPLt-1 (Non Performing Loan), LDRt-1 (Loan to Deposit Ratio), GCGt-1 (Good Corporate Governance), ROAt-1 (Return On Assets), NIMt-1 (Net Interest Margin), CARt-1 (Capital Adequacy Ratio, BOPO (Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional)
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Christina Handini N
Date Deposited: 29 Jan 2019 11:39
Last Modified: 29 Jan 2019 11:39
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17652

Actions (login required)

View Item View Item