Analisis pengaruh perencanaan pajak dan tunneling incentive terhadap kebijakan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2017

Silalahi, Vincentia Anita Dame (2019) Analisis pengaruh perencanaan pajak dan tunneling incentive terhadap kebijakan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Transfer pricing pada umumnya digunakan oleh perusahaan multinasional untuk mengukur biaya-biaya keluar yang harus dikeluarkan terkait dengan biaya pengawasan serta pengukuran kinerja perusahaan yang dikarenakan proses produksi perusahaan yang sangat kompleks. Seiring berjalannya waktu transfer pricing juga dimanfaatkan oleh perusahaan yang berada di negara dengan tarif pajak yang tinggi untuk melakukan perencanaan pajak. Selain itu, transfer pricing juga dimanfaatkan sebagai bentuk penerapan tunneling incentive atau pengalihan aset oleh para pemegang saham mayoritas untuk memenuhi kepentingan pribadinya sehingga tidak jarang hal ini merugikan pemegang saham minoritas dalam suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh perencanaan pajak dan tunneling incentive terhadap kebijakan transfer pricing pada perusahaan manufaktur. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) selama tahun 2014-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling dan total sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 sampel dari total populasi sebanyak 572 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan alat uji statistik IBM SPSS versi 2.3. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan pajak berhubungan positif dan signifikan terhadap kebijakan transfer pricing sedangkan tunneling incentive berhubungan negatif dan signifikan terhadap kebijakan transfer pricing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Transfer pricing, tunneling incentive, perencanaan pajak
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6510 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 07:38
Last Modified: 31 Jan 2019 08:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17328

Actions (login required)

View Item View Item