Pengaruh strategi diversifikasi dan mekanisme corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan

Listya, . (2019) Pengaruh strategi diversifikasi dan mekanisme corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy

Abstract

Strategi diversifikasi merupakan strategi perusahaan untuk mengembangkan bisnis agar dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan tersebut, perusahaan juga perlu menerapkan mekanisme corporate governance untuk mengatur hubungan antara manajer dengan investor. Kepemilikan institusional sebagai salah satu mekanisme corporate governance adalah kondisi dimana pihak institusi di luar perusahaan sebagai pihak independen menanamkan sahamnya di perusahaan. Proporsi dewan komisaris independen sebagai salah satu mekanisme corporate governance adalah jumlah dewan komisaris netral dalam perusahaan yang berfungsi menciptakan keseimbangan antara dewan direksi dan dewan komisaris. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi diversifikasi dan mekanisme corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen yang digunakan adalah strategi diversifikasi yang diukur menggunakan metode Herfindahl Index dan mekanisme corporate governance yang digunakan adalah kepemilikan institusional dan proporsi dewan komisaris independen. Variabel dependen yang digunakan adalah kinerja keuangan perusahaan yang diukur menggunakan Return On Asset (ROA). Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 55 perusahaan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh dari laporan tahunan perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diversifikasi tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan, dan proporsi komisaris independen berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: strategi diversifikasi, corporate governance, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, kinerja keuangan perusahaan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6573 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 07:50
Last Modified: 29 Jan 2019 07:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17289

Actions (login required)

View Item View Item