Perbedaan peningkatan tekanan darah antara perempuan obesitas dan non-obesitas sebelum dan sesudah menggunakan kontrasepsi 3 bulan

Lee, Calvin Alexander Efans Junaidi (2018) Perbedaan peningkatan tekanan darah antara perempuan obesitas dan non-obesitas sebelum dan sesudah menggunakan kontrasepsi 3 bulan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan sebuah negara berkembang dengan jumlah peningkatan penduduk yang tinggi. Peningkatan jumlah penduduk yang tinggi ini disertai dengan adanya pertumbuhan penduduk yang tidak merata di setiap daerah yang dapat mengakibatkan permasalahan. Program keluarga berencana (KB) dimulai sejak tahun 1968 sebagai bentuk upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, namun salah satu alat kontrasepsi yang mengandung DMPA memiliki efek samping yang dapat menyebabkan perubahan tekanan darah. Tujuan : Menganalisis perbedaan peningkatan tekanan darah antara perempuan obesitas dan non-obesitas sebelum dan sesudah menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulan. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan analitik kuantitatif dengan rancang bangun observasional, serta menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Spearman dan Mann-Whitney U Test menggunakan aplikasi SPSS. Hasil : Dari 97 responden, 38 responden termasuk obesitas, dan 59 responden termasuk non-obesitas. Pada kelompok obesitas saat sebelum menggunakan DMPA ditemukan tekanan darah normal dan pre-hipertensi jumlahnya sama banyak yakni 50 % dan setelah menggunakan DMPA menjadi pre-hipertensi 34,2 %, hipertensi tahap 1 34,2 %, dan hipertensi tahap 2 31,6 %. Pada kelompok non-obesitas, sebelum menggunakan DMPA ditemukan subjek dengan tekanan darah normal 49,2 % dan pre-hipertensi persentase 50,8 %, setelah menggunakan DMPA diketahui menjadi 8,4 % dengan tekanan darah normal, pre-hipertensi 45,8 %, hipertensi tahap 1 dengan 30,5 % dan hipertensi tahap 2 dengan 15,3 %. Dari hasil analisis didapatkan p = 0,96 yang artinya perbedaan peningkatan tekanan darah pada perempuan obesitas dan non-obesitas sebelum dan sesudah menggunakan kontrasepsi 3 bulan tidak signifikan / tidak ada perbedaan (p>0,05). Simpulan : Tidak ada perbedaan peningkatan tekanan darah antara perempuan obesitas dan non-obesitas sebelum dan sesudah menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulan DMPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculy of Medicine" not defined]
Uncontrolled Keywords: Tekanan darah, obesitas, kontrasepsi, DMPA, hipertensi
Subjects: Medicine
Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine > Medical Study Program
Depositing User: Users 6598 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2019 06:56
Last Modified: 05 Apr 2019 06:56
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17199

Actions (login required)

View Item View Item