Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Asing, Ukuran Perusahaan, dan Diversifikasi Produk terhadap Pengungkapan Human Resource Accounting (HRA)

Rorong, Nadya Natalia (2019) Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Asing, Ukuran Perusahaan, dan Diversifikasi Produk terhadap Pengungkapan Human Resource Accounting (HRA). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (894kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Dalam mencapai keunggulan kompetitif, modal intelektual merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan adanya modal intelektual dalam diri manusia maka menjadikan sumber daya manusia sebagai aset yang berharga bagi perusahaan. Dalam perusahaan perbankan dan asuransi, sumber daya manusia memiliki peranan penting yang tidak tergantikan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Human resource accounting (HRA) digunakan untuk mengidentifikasi nilai dan mengukur biaya atas sumber daya manusia. Dengan demikian pengungkapan human resource accounting dapat memberikan tambahan informasi kepada manajemen perusahaan dan pihak pemangku kepentingan (stakeholder) sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengungkapan human resource accounting antara lain: profitabilitas, kepemilikan asing, ukuran perusahaan, dan diversifikasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, kepemllikan asing, ukuran perusahaan, dan diversifikasi produk terhadap pengungkapan human resource accounting. Objek penelitian adalah perusahaan perbankan dan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-2017, dengan sampel perusahaan sebanyak 43 perusahaan yang telah dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan negatif terhadap pengungkapan human resource accounting, kepemilikan asing dan diversifikasi produk tidak berpengaruh terhadap pengungkapan human resource accounting. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan human resource accounting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Kepemilikan Asing, Ukuran Perusahaan, Diversifikasi Produk, Pengungkapan Human Resource Accounting.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6568 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 08:18
Last Modified: 28 Jan 2019 08:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17053

Actions (login required)

View Item View Item