Pengamatan temperatur dan jumlah neutrofil tikus putih setelah pemberian patch ekstrak etanol Piper nigrum L. dengan peningkat penetrasi isopropil miristat

Andika, Clara Claudia (2018) Pengamatan temperatur dan jumlah neutrofil tikus putih setelah pemberian patch ekstrak etanol Piper nigrum L. dengan peningkat penetrasi isopropil miristat. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (526kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V .pdf

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Lada Hitam (Piper nigrum L) memiliki senyawa piperin yang termasuk dalam golongan alkaloid. Piperin bekerja sebagai antipiretik dengan menghambat enzim cyclooxygenase (COX) sehingga pembentukan prostaglandin terhambat. Lada hitam diformulasikan dalam bentuk sediaan transdermal (patch) dengan tambahan peningkat penetrasi yaitu isopropil miristat (IPM). Keuntungan dari sediaan patch adalah untuk menghindari efek lintas utama (first-pass effect). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan patch ekstrak etanol lada hitam (Piper nigrum L.) dengan dan tanpa peningkat penetrasi terhadap penurunan temperatur dan jumlah neutrofil tikus putih yang diinduksi demam dengan vaksin DPT 0,2 ml. Hewan untuk perlakuan menggunakan tikus putih jantan galur Wistar pada usia 2-3 bulan dengan berat badan 150-200 gram yang diadaptasikan dalam 7 hari. Penelitian ini dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kontrol positif (sirup parasetamol dan patch tanpa ekstrak etanol lada hitam), kontrol negatif (patch tanpa ekstrak etanol lada hitam), kelompok perlakuan satu (patch ekstrak etanol lada hitam tanpa peningkat penetrasi) dan kelompok perlakuan kedua (patch ekstrak etanol lada hitam dengan peningkat penetrasi isopropil miristat). Parameter dalam penelitian ini adalah temperatur tubuh tikus yang diamati dalam 300 menit tiap 15 menit dengan ear thermometer dan jumlah neutrofil yang diamati tiap 60 menit selama 300 menit. Hasil dari penelitian yaitu terdapat perbedaan signifikan pada temperatur tubuh pada menit ke 120 dan 240 dengan metode duncan multiple range test. Pada jumlah neutrofil terdapat perbedaan yang signifikan pada menit ke-0 dan menit ke- 30 hingga menit ke-300.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Piper nigrum L., antipiretik, neutrofil, patch, ekstrak etanol lada hitam
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 6207 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2019 02:14
Last Modified: 17 Jan 2019 02:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16653

Actions (login required)

View Item View Item