Laporan kerja praktek PT. Tri Ratna Diesel Indonesia

Johsia, Grady and Kilima, Alfonsus Yodha Sampurna (2018) Laporan kerja praktek PT. Tri Ratna Diesel Indonesia. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bottleneck dalam suatu industri berarti adanya proses yang menghambat dalam produksinya yang dapat menyebabkan berkurangnya output yang dihasilkan. Selain mengurangi kemampuan/output produksi, bottleneck juga bisa berarti menimbulkan delay/idle dalam proses produksi yang artinya kegiatan produksi menjadi tidak optimal. PT Tri Ratna Diesel Indonesia perusahaan yang bergerak di 3 unit produksi meliputi unit diesel engine manufacture (DEM), santosa marine (SM), dan machining center (MC). Khususnya di bidang manufaktur, PT. Tri Ratna Diesel Indonesia telah memproduksi motor diesel sendiri dengan merek “Diamond” Diesel Engine dan juga pelopor motor diesel dalam negeri. Permasalahan yang terjadi di bagian assembling adalah adanya bottleneck yang menyebabkan panjangnya antrian dan menghambat proses produksi. Dilakukan optimasi maximum rate production dengan pendekatan software Arena untuk melakukan simulasi. Objek yang diamati dikhususkan untuk produk utama dari PT. Tri Ratna Diesel Indonesia yaitu mesin diesel tipe DI 900 L. Setelah dilakukan pengolahan data, terjadi peningkatan jumlah produksi yang semula hanya sekitar 78 unit tiap harinya menjadi 88 unit tiap hari, yang dengan kata lain tingkat produksi dapat meningkat sampai dengan 12.82%.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 6242 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2019 03:59
Last Modified: 17 Jan 2019 03:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16594

Actions (login required)

View Item View Item