Laporan Kerja Praktek PT. Lumina Packaging

Agria, Andree Leon and Susanto, Martinus Eko (2018) Laporan Kerja Praktek PT. Lumina Packaging. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

PT. Lumina Packaging merupakan pabrik yang bergerak pada bidang manufaktur packaging. Produk yang dihasilkan PT. Lumina Packaging adalah kemasan plastik seperti standing pouch, three side seal, center seal, gusset center seal, dsb. Pabrik yang bergerak di bidang packaging memiliki tantangan yang besar karena waste yang dihasilkan termasuk besar dan produk yang dibuat adalah produk yang tidak mudah terurai di alam, dan tentu saja membutuhkan biaya yang besar untuk mengelola limbah tersebut. Ditambah jenis produk yang bervariasi sehingga butuh keepatan dan efisiensi yang tinggi dalam melakukan proses produksi. Oleh karena itu PT. Lumina Packaging perlu untuk meningkatkan efisiensi terutama dalam meminimasi waste agar biaya yang dikeluarkan untuk pengelolaan limbah maupun turnover produksi berkurang. Waste yang dominan pada proses produksi di PT. Lumina Packagign ini adalah flui (terlipat), melet (asimetri), dan gelembung (bubble) sehingga dilakukan penelitian terhadap penyebab-penyebab waste tersebut. Sehingga didapatkan hasil untuk meminimasi flui (terlipat) diperlukan perawatan rutin pada mesin terutama rubber yang berpotensi besar menyebabkan waste, melakukan crosscheck saat mengukur kekentalan adhesive, melakukan training pada personnel, dan melakukan proses QC (Quality Control) yang lebih ketat. Untuk meminimasi melet (asimetri) diperlukan uji coba design, melakukan pemeriksaan sensor setiap akan memulai proses produksi, melakukan QC (Quality Control) yang lebih ketat, dan training operator. Dan untuk meminimasi gelembung (bubble), diperlukan pengendaian kualitas pada saat material masuk dan keluar dari gudang bahan baku, melakukan training atau pelatihan pada operator agar hasil yang didapatkan lebih konsisten, melakukan proses QC (Quality Control) dengan lebih ketat, serta melakukan crosscheck pada saat mengukur adhesive.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kualitas, pengendalian kualitas, 7 tools of quality
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 6194 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 10:27
Last Modified: 19 Dec 2019 10:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16581

Actions (login required)

View Item View Item