Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanak dan Komunikasi Ibu-Anak.

Susilo, Johannes Dicky and Gabrielle, Yessyca Diana (2015) Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanak dan Komunikasi Ibu-Anak. In: Prosiding Seminar Nasional Positive Psychology 2015., 12 Desember 2015, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, ISBN: 978-979-17880-1-4.

[thumbnail of Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanak dan Komunikasi Ibu-Anak_peer_review]
Preview
Text (Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanak dan Komunikasi Ibu-Anak_peer_review)
5-R1&2_Kesiapan_Bersekolah_Anak_.pdf

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanak dan Komunikasi Ibu-Anak.]
Preview
Text (Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanak dan Komunikasi Ibu-Anak.)
5p-Kesiapan_bersekolah_hasil_cek_similarity_.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanak dan Komunikasi Ibu-Anak.]
Preview
Text (Kesiapan Bersekolah Anak Taman Kanak-Kanak dan Komunikasi Ibu-Anak.)
5p-Kesiapan_bersekolah_+kulit.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebelum memasuki pendidikan dasar (Sekolah Dasar) seorang anak harus memiliki kesiapan bersekolah. Anak yang memiliki kesiapan bersekolah akan memiliki banyak keuntungan sehingga dapat mempersiapkan masa depannya dengan lebih baik. Dalam hal ini orangtua dapat memainkan peranannya secara optimal sebagai lingkungan terdekat dan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesiapan bersekolah anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komunikasi orangtua dan anak mempengaruhi kesiapan bersekolah anak TK. Subjek penelitian ini adalah 26 anak TK tingkat B.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan alat ukur yang digunakan adalah Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) dan skala komunikasi orangtua dan anak. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa komunikasi orangtua-anak dapat menjelaskan kesiapan bersekolah anak sebesar 34,2%, dan persamaan regresi yang terbentuk dapat digunakan untuk memprediksi kesiapan bersekolah anak (F (1,24)= 12,464; p=0,002).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN: 978-979-17880-1-4
Uncontrolled Keywords: kesiapan bersekolah, komunikasi orangtua dan anak
Subjects: Psychology
Divisions: Proceeding > Faculty of Psychology
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 29 Oct 2018 05:47
Last Modified: 13 Dec 2018 07:01
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16336

Actions (login required)

View Item View Item