Efektivitas sediaan krim ekstrak ovis placenta terhadap pengamatan jumlah sel limfosit dan makrofag pada luka bakar tikus putih jantan

Pranatalia, Envian Dwi Putri (2018) Efektivitas sediaan krim ekstrak ovis placenta terhadap pengamatan jumlah sel limfosit dan makrofag pada luka bakar tikus putih jantan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)

Abstract

Domba (Ovis aries) merupakan hewan yang tergolong dalam familia Bovidae yang menghantarkan sumber nutrien dari induk ke fetus melalui plasenta. Plasenta domba atau Ovis placenta mengandung beberapa jenis protein yang sangat diperlukan untuk memulai respon inflamasi yang baik pada proses penyembuhan luka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sediaan krim ekstrak Ovis placenta terhadap penyembuhan luka bakar tikus putih jantan melalui pengamatan jumlah sel limfosit dan makrofag. Uji efektivitas sediaan krim ekstrak Ovis placenta dilakukan pada 18 ekor tikus putih jantan (Rattus novergicus) galur Wistar. Hewan coba dibagi dalam 3 kelompok perlakuan, yaitu. kontrol negatif (NaCl 0,9%), kontrol positif (Bioplacenton®) dan kelompok perlakuan diberikan krim ekstrak Ovis placenta yang semuanya diberikan melalui rute topikal. Parameter jumlah sel limfosit dan makrofag diamati secara mikroskopis pada hari ke-3 dan hari ke-7. Data diuji statistik dengan metode one way ANOVA dilanjutkan dengan uji perbandingan berganda (Post Hoc Test) menggunakan uji Duncan Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa krim ekstrak Ovis placenta tidak ada perbedaan bermakna jika dibandingkan dengan kontrol negatif. Krim ekstrak Ovis placenta dapat menurunkan jumlah sel limfosit (10,33±1,000) dan makrofag (3,33±0,577) pada hari ke-7 perlakuan jika dibandingkan dengan jumlah sel limfosit (12,00±1,000) dan makrofag (12,67±2,082) pada kelompok kontrol negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: krim, Ovis placenta, luka bakar, limfosit, makrofag
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Envian Dwi Putri P.
Date Deposited: 27 Aug 2018 12:44
Last Modified: 27 Aug 2018 12:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/16020

Actions (login required)

View Item View Item