Pemahaman prosedur tax amnesty untuk memaksimalkan manfaat kebijakan pengampunan pajak bagi wajib pajak

Hendrawan, Martin (2018) Pemahaman prosedur tax amnesty untuk memaksimalkan manfaat kebijakan pengampunan pajak bagi wajib pajak. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Business, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (884kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)

Abstract

Pajak memiliki sifat mengikat dan memaksa. Terdapat sanksi apabila Wajib Pajak tidak memenuhi kewajiban pajaknya. Namun sesuai kenyataan yang ditemui di lapangan, masih saja terdapat Wajib Pajak yang berusaha menghindari kewajiban pajaknya. Salah satu contohnya adalah dengan menyembunyikan hartanya di luar negeri. Sehingga pada tahun 2016, pemerintah menerapkan sebuah kebijakan yaitu Amnesti Pajak. Amnesti Pajak merupakan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah berupa penghapusan sanksi administrasi pajak bagi Wajib Pajak yang belum melaporkan sebagian hartanya pada SPT Tahunan 2015. Banyak manfaat yang akan diperoleh Wajib Pajak apabila mengikuti Amnesti Pajak. Oleh karena itu perlu adanya pemahaman mengenai kebijakan Tax Amnesty bagi Wajib Pajak guna memaksimalkan manfaat Amnesti Pajak. Mulai dari pemahaman mengenai alasan Amnesti Pajak diadakan, Tujuan dan Manfaat Amnesti Pajak bagi Wajib Pajak, prosedur Amnesti Pajak, sampai regulasi pasca Amnesti Pajak. Selama magang 3 bulan di Kantor Konsultan Pajak Pentatrust, banyak pekerjaan yang dikerjakan, salah satunya membantu klien untuk ikut serta dalam program Amnesti Pajak. Mulai dari mengisi form Tax Amnesty, menghitung nilai uang tebusan yang harus dibayar Wajib Pajak, membayarkan uang tebusan tersebut ke bank persepsi, sampai melaporkan form Tax Amnesty dan lampiran-lampirannya ke KPP yang ditunjuk. Hingga diterbitkannya Surat Keterangan Pengampunan Pajak sebagai bukti bahwa Wajib Pajak telah mengikuti program Tax Amnesty.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pajak, amnesti pajak, form tax amnesty, bank persepsi, surat keterangan pengampunan pajak
Subjects: Business > Accounting Diploma
Business
Divisions: Faculty of Vocational > Accounting Diploma Study Program
Depositing User: Martin Hendrawan
Date Deposited: 07 Sep 2018 10:59
Last Modified: 07 Sep 2018 10:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15907

Actions (login required)

View Item View Item