Analisis siklus pendapatan dalam mendukung pengendalian internal pada PT. Anugrah Cahya Sejahtera

Setiawan, Soni (2018) Analisis siklus pendapatan dalam mendukung pengendalian internal pada PT. Anugrah Cahya Sejahtera. Undergraduate thesis, Widya Mandala Cathlic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (617kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Sistem informasi akuntansi merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai formulir, catatan, dan laporan yang telah disusun dan menghasilkan suatu informasi keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Siklus pendapatan merupakan prosedur pendapatan yang dimulai dari bagian penjualan otorisasi kredit, pengambilan barang, penerimaan barang, penagihan hingga penerimaan kas. Perusahaan yang baik harus memiliki siklus pendapatan yang terstruktur dengan jelas dan tepat guna mendukung aktivitas di dalam sebuah perusahaan. Penelitian ini merupakan analisis studi kasus dengan sumber data primer. Data berasal dari internal perusahaan yang diperoleh dengan cara melakukan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengendalian internal pada siklus pendapatan serta untuk menganalisis siklus pendapatan yang dimiliki PT. Anugrah Cahya Sejahtera. PT. Anugrah Cahya Sejahtera memiliki berbagai kelemahan dan ancaman seperti, dokumen yang kurang memadai, tidak terdapat otorisasi antar pihak yang memiliki wewenang di perusahaan, tidak memiliki standar dalam hal melakukan pembayaran secara kredit, kesalahan dalam pemeliharaan rekening pelanggan dan terdapat biaya lain yang tidak terduga akibat informasi yang kurang memadai. Hasil dari penelitian ini yaitu, memberikan usulan dokumen yang baru terkait dengan aktivitas perusahaan, perusahaan membutuhkan informasi terkini terkait proses pengiriman kendaraan sehingga dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang dapat merugikan perusahaan, Maka dari itu, perusahaan membutuhkan sistem pengendalian internal yang baik agar mendapatkan hasil yang baik, struktur organisasi yang terstruktur dan aktivitas bisnis yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntansi, siklus pendapatan, pengendalian internal, resiko, ancaman, solusi, flowchart
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Soni Setiawan
Date Deposited: 07 Aug 2018 00:24
Last Modified: 20 Aug 2018 11:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15593

Actions (login required)

View Item View Item