Analisis penerapan good corporate governance pada gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Surabaya

Theyanti, Syane Putri (2018) Analisis penerapan good corporate governance pada gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Chatolic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (764kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Good corporate governance merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam sebuah perusahaan, baik itu perusahaan yang berorientasi pada laba maupun nirlaba, tak terkecuali dengan organisasi yang berkaitan dengan agama seperti gereja dengan beberapa penyesuaian. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan penerapan good corporate governance dalam gereja berdasarkan empat point utama good corporate governance, yang dapat dilakukan dalam gereja. Empat point tersebut diantaranya yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas dan kesetaraan. Objek penelitian penelitian ini adalah gereja katholik, yaitu gereja Hati Kudus Yesus Surabaya. Sumber data yang diambil berupa data primer yang merupakan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan langsung terhadap narasumber yaitu, pastor paroki dan stafnya. Teknik analisis data menggunakan metode studi kasus deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prinsip transparansi, gereja Hati Kudus Yesus diwujudkan dengan adanya keterbukaan gereja dalam melakukan prosedur perhitungan kolekte dan persembahan lainya. (2) Prinsip Akuntabilitas diwujudkan oleh bendahara yang dapat mempertanggungjawabkan setiap mutasi dana dengan mengarsip setiap bukti-bukti pemasukan dan pengeluaran kas. (3) Terkait dengan Prinsip Responsibilitas, gereja Hati kudus Yesus telah melaksanakan kegiatan gereja dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat luas, seperti bakti sosial, pendidikan, pelayanan psikologi, dan kesehatan. (4) Prinsip kesetaraan diwujudkan dalam pembagian tugas yang jelas dan pengelolaan harta benda gereja yang diperoleh dari kolekte dan persembahan yang telah sesuai dengan pedoman yang berlaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Good corporate governance, organisasi nirlaba, gereja Katolik Hati Kudus Yesus, transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kesetaraan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Syane Putri Theyanti
Date Deposited: 03 Aug 2018 11:48
Last Modified: 03 Aug 2018 11:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15400

Actions (login required)

View Item View Item