Laporan Kerja Praktek di CV. Berkat Sejahtera

Sarasih, Evan Jonathan and Wijaya, Gunawan Candra (2017) Laporan Kerja Praktek di CV. Berkat Sejahtera. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)

Abstract

CV. Berkat Sejahtera merupakan perusahaan yang memproduksi peralatan rumah tangga yang berbahan dasar plastik. CV. Berkat Sejahtera memulai produksi dari biji plastik hingga menjadi produk jadi yang siap untuk didistribusikan ke konsumen. Untuk selalu memenuhi kebutuhan konsumen CV. Berkat Sejahtera menggunakan mesin baru yakni mesin injeksi 2 warna. Mesin injeksi 2 warna ini adalah sebuah mesin yang mampu menghasilkan baskom sembur karena mesin ini memiliki 2 corong yang digunakan untuk memasukan warna yang berbeda. Namun, mesin injeksi 2 warna ini seringkali menghasilkan produk yang cacat. Cacat yang dihasilkan adalah cacat baskom pecah dan cacat baskom gosong. Untuk itu dilakukanlah pengujian, pada pengujian ini dilakukan pada produk yang dihasilkan dari mesin injeksi 2 warna. Penelitian dilakukan dengan menggunakan konsep diagram kendali dan menggunakan diagram tulang ikan untuk mengetahui akar permasalahan. dari penelitian ini didapat ada 4 data yang melebihi UCL yang sudah ditentukan dari NP chart yakni data ke 1, 19, 28 dan 38. Data yang melebihi UCL tersebut dikarenakan pada saat pengambilan data mesin injeksi 2 warna sedang mengalami kerusakan sehingga produk yang dihasilkan banyak mengalami kecacatan. Dari hasil Pareto Chart didapat 3 faktor utama yang menyebabkan produk cacat yakni mesin, operator dan material. Kecacatan produk yang disebabkan oleh mesin sebesar 69.5 % dari total kecacatan, dengan jumlah kecacatan yang dikarenakan mesin sebesar 223 buah. Kecacatan produk yang disebabkan operator sebesar 18.7%, dengan jumlah kecacatan yang dikarenakan operator sebesar 60. Kecacatan yang disebabkan material sebesar 11.8% dari total kecacatan dengan jumlah kecacatan 38 buah. Berdasarkan hasil diagram tulang ikan didapat "Produk Cacat Gosong" disebabkan oleh operator yang kelelahan dan material tidak steril. Sedangkan "Produk Cacat Pecah atau Retak" disebabkan oleh material yang kadaluarsa, operator yang kelelahan, FIFO yang tidak berfungsi dengan baik dan kesalahan pengaturan mesin.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Control Chart, Pareto Diagram, Fishbone Diagram
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 5482 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:55
Last Modified: 09 Aug 2018 07:55
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15104

Actions (login required)

View Item View Item