Analisis perencanaan pajak penghasilan pasal 21 PT X Di Surabaya

Salim, Carmellita (2018) Analisis perencanaan pajak penghasilan pasal 21 PT X Di Surabaya. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAC.pdf

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Kewajiban pajak harus dilaksanakan oleh wajib pajak. Salah satu pajak terbesar dalam pemungutan pajak di Indonesia adalah mengenai Pajak Penghasilan (PPh). Pajak penghasilan akan selalu dikenakan terhadap orang atau badan usaha yang memperoleh penghasilan di Indonesia salah satunya, Pajak Penghasilan (PPh) pasal 21. Adanya perbedaan kepentingan antara Wajib pajak dengan Pemerintah menjadikan faktor utama yang memengaruhi adanya perencanaan pajak (tax planning). Ada beberapa alternatif perhitungan dan pemotongan Perencanaan pajak PPh pasal 21 yang dapat diterapkan yaitu Net Basis, Gross Method, Metode Tunjangan Pajak, dan Gross Up Method. Metode yang digunakan oleh PT X selama ini adalah metode Net Basis. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan Gross Up Method pada PT X akan memberikan penghematan pajak yang paling besar dibanding dengan metode perencanaan pajak lainnya. Penerapan Gross Up Method dalam perhitungan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 mengakibatkan take home pay karyawan maksimal sehingga pengeluaran perusahaan menjadi lebih besar dan laba bersih sebelum pajak menurun. Hal tersebut menyebabkan Pajak Penghasilan (PPh) Badan yang ditanggung perusahaan menjadi lebih kecil.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pajak penghasilan, PPH Pasal 21, perencanaan pajak, metode net, metode gross, metode tunjangan pajak, metode gross up
Subjects: Business > Accounting Diploma
Divisions: Faculty of Vocational > Accounting Diploma Study Program
Depositing User: Carmellita Salim
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:21
Last Modified: 08 Aug 2018 06:21
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15099

Actions (login required)

View Item View Item