Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk pada pokok bahasan usaha dan energi meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Santo Carolus Surabaya

Sinaga, Debora (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk pada pokok bahasan usaha dan energi meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Santo Carolus Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas X IPA SMA X IPA 2 SMA Santo Carolus Surabaya diperoleh informasi bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa masih rendah. Pada saat proses pembelajaran berlangsung banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Keaktifan siswa di kelas hanya 27,6% dan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 27,6 %. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan usaha dan energi. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam kerangka penelitian tindakan kelas (PTK). Indikator keberhasilan penelitian ditetapkan minimal 75% siswa aktif mengikuti kegiatan pembelajaran; ketuntasan hasil belajar siswa minimal 75%; dan keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick minimal 80%. Untuk mencapai indikator keberhasilan, PTK perlu dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus. Pada akhir siklus I keaktifan siswa mencapai 58,6%; ketuntasan hasil belajar siswa 62%, serta keterlaksanaan RPP mencapai 83%. Pada akhir siklus II, keaktifan siswa mencapai 79,3%; ketuntasan hasil belajar siswa 82,7%; dan keterlaksanaan RPP mencapai 90,3%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa PTK yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada pokok bahasan usaha dan energi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Santo Carolus Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif , Talking Stick , Keaktifan, Hasil Belajar, Usaha dan Energi
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Debora Sinaga
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:19
Last Modified: 09 Aug 2018 04:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/15034

Actions (login required)

View Item View Item