Optimasi tablet salut film ekstrak biji mahoni (Swietenia macrophylla) menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan SSG sebagai penghancur

Gieng, Johan Waisakti (2018) Optimasi tablet salut film ekstrak biji mahoni (Swietenia macrophylla) menggunakan PVP K-30 sebagai pengikat dan SSG sebagai penghancur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (905kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ekstrak biji mahoni memiliki bermacam khasiat, salah satunya sebagai antimalaria. Tablet ekstrak biji mahoni memiliki penampilan yang kurang menarik dan rasa pahit. Kekurangan ini dapat ditutupi dengan penyalutan film menggunakan Kollicoat Protect. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi PVP K-30, konsentrasi SSG, dan interaksinya terhadap mutu fisik tablet inti ekstrak biji mahoni serta mengetahui formula optimumnya. Tablet dibuat dengan menggunakan metode granulasi basah, selanjutnya tablet disalut dengan menggunakan larutan penyalut Kollicoat Protect. Optimasi konsentrasi SSG dan konsentrasi PVP K-30 dilakukan menggunakan desain faktorial dengan software design expert ver 7.0. Respon yang digunakan adalah kerapuhan, kekerasan, dan waktu hancur tablet. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan konsentrasi PVP K-30 menurunkan kerapuhan tablet, meningkatkan kekerasan dan memperlama waktu hancur tablet. Sedangkan, konsentrasi SSG mempercepat waktu hancur tablet, namun tidak berpengaruh signifikan menurunkan kekerasan dan kerapuhan tablet. Interaksi konsentrasi PVP K-30 dan konsentrasi SSG mempercepat waktu hancur tablet namun tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kekerasan dan menurunkan kerapuhan tablet. Formula optimum yang diperoleh adalah PVP K-30 1,99% dan SSG 4,98% yang memberikan hasil yaitu kekerasan 6,03 kp; kerapuhan 0,32%; dan waktu hancur 19,78 menit. Tiga parameter ini tidak berbeda bermakna dengan hasil teoritis. Tablet salut film menghasilkan pertambahan bobot 2,72%, kerapuhan 0,12%, kekerasan 8,23 kp, dan waktu hancur 22,78 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Biji mahoni, konsentrasi PVP K-30, konsentrasi SSG, Swietenia macrophylla, tablet salut film
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Johan Waisakti Gierg
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:52
Last Modified: 01 Aug 2018 08:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/14983

Actions (login required)

View Item View Item