Studi kepatuhan pasien diabetes mellitus tipe 2 terhadap pengunaan insulin rapid acting pada pasien rawat jalan di RSUD Kabupaten Sidoarjo

Wie, Aprianus Raemond (2018) Studi kepatuhan pasien diabetes mellitus tipe 2 terhadap pengunaan insulin rapid acting pada pasien rawat jalan di RSUD Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diabetes mellitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin, atau kedua-duanya dan membutuhkan pengobatan yang teratur. Kepatuhan pasien sangat penting untuk mengurangi risiko terjadinya komplikasi pada penderita diabetes mellitus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan pasien dalam menggunakan obat antidiabetes dengan dua metode berbeda yaitu pill count dan MMAS-8, serta melihat adanya korelasi antara kedua metode tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan cross sectional dengan teknik pengambilan sampling berdasarkan non-probability sampling, yang dilakukan pada bulan Maret 2018 pada 31 pasien rawat jalan di RSUD Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode pill count, diperoleh 22 responden (70,96%) patuh dan 9 responden (29,03%) tidak patuh, sedangkan hasil penelitian dengan metode MMAS-8 diperoleh 3 responden (9,67%) memiliki kepatuhan tinggi, 11 responden (35,48%) memiliki kepatuhan sedang dan 17 responden (54,83%) memiliki kepatuhan rendah. Diperoleh nilai sebesar 0,637 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan perbedaan antara hasil pengukuran kepatuhan dengan metode MMAS 8 dan pill count.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, MMAS-8, pill count, diabetes melitus.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Aprianus Raemond Wie
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:49
Last Modified: 23 Jul 2018 07:49
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/14964

Actions (login required)

View Item View Item