Studi penggunaan insulin pada pasien penyakit ginjal kronik dengan hiperkalemia di Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya

Adi, Daniel Wicaksono (2018) Studi penggunaan insulin pada pasien penyakit ginjal kronik dengan hiperkalemia di Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)

Abstract

Ginjal merupakan suatu organ yang secara struktural kompleks dan telah berkembang untuk melaksanakan sejumlah fungsi penting, seperti ekskresi produk sisa metabolisme, pengendalian air dan garam, pemeliharaan keseimbangan asam yang sesuai, dan sekresi berbagai hormon. Kerusakan ginjal baik secara fungsional atau struktural selama lebih dari 3 (tiga) bulan dengan atau tanpa penurunan Glomerular Filtration Rate (GFR), dimanifestasikan sebagai salah satu kelainan patologi atau petanda kerusakan ginjal, termasuk kelainan komposisi darah atau urin. Selain itu penyakit ginjal kronik juga didefinisikan sebagai suatu keadaan dengan nilai GFR kurang dari 60 ml/menit/1,73 m2, selama lebih dari 3 (tiga) bulan dengan atau tanpa kerusakan ginjal. Penelitian ini dilakukan secara retrospektif dan menggunakan metode deskriptif untuk menginterpretasi data pada periode 1 Januari 2016 - 31 Maret 2018 di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya. Jumlah pasien dari data Rekam Medik Kesehatan pasien penyakit ginjal kronik di instalasi rawat inap RS Bhayangkara Surabaya periode 1 Januari 2016 – 31 Maret 2018 di peroleh 81 pasien dengan diagnosis penyakit ginjal kronik. Hasil penelitian penggunaan insulin kombinasi sebanyak 10 pasien dengan jenis, dosis, frekuensi dan rute pemberiannya masing-masing dan dengan rute pemberian secara IV. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Kombinasi insulin dengan dextrose adalah menurunkan kadar kalium pada pasien PGK-Hiperkalemia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: penyakit ginjal kronik, hiperkalemia, insulin, Rumah Sakit Bhayangkara
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Daniel Wicaksono Adi
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:49
Last Modified: 23 Jul 2018 07:49
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/14948

Actions (login required)

View Item View Item