Uji antipiretik patch ekstrak etanol bawang merah (Allium ascalonicum L.) terhadap temperatur dan jumlah neutrofil tikus putih galur wistar

Setyawan, Andy (2018) Uji antipiretik patch ekstrak etanol bawang merah (Allium ascalonicum L.) terhadap temperatur dan jumlah neutrofil tikus putih galur wistar. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bawang merah adalah salah satu tanaman yang berkhasiat untuk menurunkan demam karena mengandung flavonoid. Flavonoid bekerja dengan menghambat sintesis prostaglandin yang dapat memicu terjadinya demam. Pada penelitian ini bawang merah diformulasikan ke dalam bentuk sediaan patch karena penggunaannya yang praktis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimanakah pengaruh penggunaan patch ekstrak etanol bawang merah (Allium ascalonicum L.) terhadap penurunan temperatur dan penurunan jumlah neutrofil pada tikus putih yang telah diinduksi vaksin DPT-HB-Hib. Penelitian ini menggunakan tiga kelompok yaitu kontrol positif yang diberi sirup parasetamol, kontrol negatif dan kelompok perlakuan. Tikus diadaptasikan selama 7 hari lalu dilakukan pengukuran temperatur dan pengambilan darah dari ekor tikus untuk menghitung jumlah neutrofil. Setelah itu dilakukan penyuntikan vaksin DPT-HIB-Hib 0,5 ml secara intraperitonial dan dilakukan pengamatan temperatur sebelum pemberian vaksin, saat setelah pemberian vaksin, pada menit ke 15, 30, 45, 60, 120, 180 dan 240 sedangkan pengamatan neutrofil dilakukan sebelum pemberian vaksin, 30, 120 dan 240 menit setelah pemberian vaksin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada kelompok perlakuan dengan kontrol positif. Penggunaan patch ekstrak etanol bawang merah dapat menurunkan temperatur dan meningkatkan jumlah neutrofil pada tikus putih yang telah diinduksi vaksin DPT-HB-Hib.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Ekstrak Etanol Bawang Merah; Antipiretik; Patch; Neutrofil; Vaksin DPT-HB-Hib.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Andy Setyawan
Date Deposited: 29 Jun 2018 02:12
Last Modified: 29 Jun 2018 02:12
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/14701

Actions (login required)

View Item View Item