Konsepsi perempuan Indonesia dalam refleksi kritis

Widyaningrum, Anastasia Yuni (2017) Konsepsi perempuan Indonesia dalam refleksi kritis. In: e-Proceeding developing knowledge community. Yogyakarta, pp. 600-626.

[thumbnail of e-Proceeding developing knowledge community 2017]
Preview
Text (e-Proceeding developing knowledge community 2017)
Konsepsi Perempuan Indonesia dalam Refleksi Kritis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Konsepsi perempuan Indonesia tidak pernah ada ditemukan secara stabil, namun selalu mencari bentuk dalam diskusi ruang dan waktu. Wacana berkembang dan memuncak ketika Indonesia terlibat dalam ajang ratu kencantikan di dunia. Pro kontra bermunculan mempertanyakan apakah kita cukup Indonesia dalam konteks ratu kecantikan tersebut? Apakah perempuan Indonesia menampilkan jati diri Indonesia? Mencari konsep keindonesiaan dalam ajang ratu kecantikan menjadi menarik untuk diteliti terutama konsep keindonesiaan tidak akan pernah menemui garis akhir dan patent. Konsep keindonesiaan tersebut mencair dan mencari bentunya dari waktu ke waktu dimana media menjadi alat sekaligus ruang untuk mendiskusikan hal tersebut. Pemberitaan tentang Indonesia dalam konteks internasional bukan hanya persoalan image semata, melainkan lebih pada persoalan konsep dan identitas keindonesiaan yang ditumbuh-kembangkan dan ditularkan oleh media ke khalayak luas, khususnya masyarakat Indonesia sendiri dan lebih-lebih bagaimana masyarakat memaknai kehidupan sosialnya direfleksikan dengan media. Oleh karena itu metode penelitian digunakan Analisis Pemaknaan (Reception Analysis) sebagai studi tentang khalayak media yang dilakukan secara kualitatif. Asumsi dalam Reception Analysis adalah bahwa masyarakat sebagai audiens tidak menerima begitu saja wacana yang ditawarkan media. Konsep audiense dalam Reception Analysis dikategorikan sebagai khalayak yang aktif, dimana penggunaan media merupakan bentuk refleksi dari konteks kehidupan-nya, sehingga mereka secara aktif dan sadar akan memaknai teks media tersebut berdasarkan pengalaman serta latar sosial budaya-nya. Key words: perempuan, keindonesiaan, Reception Analysis, media, puteri Indonesia

Item Type: Book Section
Subjects: Communication Science
Divisions: Proceeding > Faculty of Communication Science
Depositing User: Anastasia Yuni Widyaningrum
Date Deposited: 30 May 2018 06:16
Last Modified: 30 May 2018 06:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/14638

Actions (login required)

View Item View Item