Pengaruh jenis kemasan dan kondisi penyimpanan terhadap kadar fenol, sifat fisikokimia, mikrobiologis, dan organoleptik minuman beras kencur dari beras merah (Oryza nivara)

Farida, . (2018) Pengaruh jenis kemasan dan kondisi penyimpanan terhadap kadar fenol, sifat fisikokimia, mikrobiologis, dan organoleptik minuman beras kencur dari beras merah (Oryza nivara). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (778kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5_PDF.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Beras kencur adalah minuman tradisional khas Indonesia berbahan dasar rempah-rempah, seperti kencur, jahe, kunyit, dan beras. Beras merah varietas saodah digunakan karena dapat meningkatkan antioksidan minuman beras kencur sehinga dapat mencegah timbulnya penyakit degeneratif akibat radikal bebas dari dalam maupun luar tubuh. Minuman beras kencur memiliki umur simpan yang pendek dan mudah mengalami kerusakan akibat jenis pengemas dan kondisi penyimpanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan jenis kemasan, suhu penyimpanan dan lama penyimpanan terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik beras kencur dari beras merah varietas Saodah. Pada penelitian ini digunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor yaitu jenis kemasan dengan 2 taraf (plastik PET dan gelas kaca) dan kondisi penyimpanan dengan 2 taraf (suhu kamar 26˚C dan suhu refrigerator 5˚C) yang diamati setiap hari ke- 0, 15, 30, 45 dan 60 yang setiap perlakuan dilakukan pengulangan sebanyak tiga kali. Pada pengujian organoleptik digunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap), panelis diasumsikan sebagai ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh nyata kondisi penyimpanan yang tersarang dalam jenis kemasan terhadap sifat fisikokimia (pH, total padatan terlarut (TPT), total fenol) dan sifat organoleptik. Nilai pH berkisar antara 3,839-3,942; TPT berkisar antara 10,1-10,8˚Brix; nilai ˚hue berkisar 53,8-82,3; total fenol berkisar antara 4,32-4,95 mg GAE/L; ALT 0,4x101-3,9x101CFU/mL. Hasil uji organoleptik menunjukkan tidak ada perbedaan nyata setelah seminggu penyimpanan. Perlakuan terbaik adalah yang dikemas botol plastik PET yang disimpan pada suhu ruang 26˚C pada hari penyimpanan ke-0.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Minuman beras kencur, beras merah varietas saodah, jenis kemasan, suhu penyimpanan, lama penyimpanan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 5263 not found.
Date Deposited: 16 May 2018 03:44
Last Modified: 16 May 2018 03:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/14281

Actions (login required)

View Item View Item