Pengaruh timbal-balik antara kepemilikan institutional, kebijakan hutang, dan kebijakan dividen perusahaan-perusahaan non keuangan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015

Limansantoso, Sugiharto Sudarsono (2017) Pengaruh timbal-balik antara kepemilikan institutional, kebijakan hutang, dan kebijakan dividen perusahaan-perusahaan non keuangan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (780kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy

Abstract

Hubungan antara manajemen dan pemilik perusahaan seringkali diwarnai dengan konflik yang disebut dengan konflik keagenan. Konflik muncul karena manajemen memiliki lebih banyak informasi mengenai perusahaan dibandingkan pemilik, sehingga memungkinkan manajemen lebih menguta-makan kepentingannya dibandingkan kepentingan pemilik perusahaan. Terdapat tiga mekanisme kontrol masalah keage-nan, yaitu melalui: kepemilikan institusional, kebijakan hutang, maupun kebijakan dividen. Masalah penelitian ini mengarah pada hubungan timbal balik diantara tiga mekanisme kontrol hubungan keagenan, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh timbal balik antara: kepemilikan institusional, kebijakan hutang, maupun kebijakan dividen. Rancangan penelitian adalah kuantitatif. Populasi peneliti-an keseluruhan emiten perusahaan non keuangan yang masuk kategori LQ 45 selama tahun 2011-2015. Jumlah sampel 56 perusahaan. Teknik analisis data adalah 2SLS menggunakan eviews. Temuan penelitian bahwa terdapat pengaruh kepemilikan institusional terhadap kebijakan hutang tetapi kebijakan hutang tidak berpengaruh terhadap kepemili-kan institusional. Kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen sedangkan pengaruh sebaliknya juga menunjukkan bahwa kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap kepemilikan institusional. Tidak pengaruh timbal balik antara kebijakan hutang dan kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan institusional, kebijakan dividen, kebijakan hutang, perusahaan LQ 45 non keuangan
Subjects: Business > Financial Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 5383 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2018 07:08
Last Modified: 13 Feb 2018 07:08
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/14085

Actions (login required)

View Item View Item