Analisis fraud triangle dalam mendeteksi fraudulent financial reporting pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016

Christiany, Wilar Debora (2018) Analisis fraud triangle dalam mendeteksi fraudulent financial reporting pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (684kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Laporan keuangan (financial reporting) pada perusahaan merupakan suatu bentuk alat komunikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk menggambarkan kinerja yang telah dicapai oleh manajemen. Informasi yang terdapat dalam laporan keuangan juga dapat menjadi indikator tingkat kesuksesan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya, sehingga tidak sedikit kasus yang menemukan bahwa informasi tersebut sering dimanipulasi. Hal ini menjadi dasar dilakukannya penelitian ini, yaitu untuk menguji pengaruh fraud triangel theory dalam mendeteksi terjadinya kecurangan dalam pelaporan keuangan. Penelitian ini terdiri dari tiga (5) variabel independen yang diadopsi dari penelitian Skousen et. al. (2009). Tiga variabel dari elemen pressure (financial stability, financal target, external pressure), satu variabel dari elemen tekanan (ineffective monitoring), dan satu variabel dari elemen rasionalisasi (change in auditor). Berdasarkan dari analisis linear berganda dari sampel 159 perusahaan selama periode 2014-2016, didapatkan hasil variabel financial stability yang diprosikan oleh AUDCHANGE dan variabel external pressure yang diproksikan oleh LEVERAGE berpengaruh signifikan dalam mendeteksi tindakan fraud, sedangkan tiga (3) variabel lainnya tidak berpengaruh. Hasil tersebut memberikan dukungan kepada fraud triangle theory untuk menjelaskan fenomena fraudulent financial reporting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kecurangan laporan keuangan, teori segitiga fraud
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 5201 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2018 03:46
Last Modified: 31 Jan 2018 03:46
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13832

Actions (login required)

View Item View Item