Evaluasi efektivitas sistem pengendalian internal pada siklus pendapatan hotel (Studi praktik kerja pada Hotel Inna Simpang Surabaya)

Budi, Yunanda Arimbi S. (2017) Evaluasi efektivitas sistem pengendalian internal pada siklus pendapatan hotel (Studi praktik kerja pada Hotel Inna Simpang Surabaya). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari adanya kegiatan magang di dalam penyusunan laporan tersebut yakni menganalisis efektivitas sistem pengendalian internal khususnya Siklus Pendapatan Hotel Inna Simpang Surabaya. Hal ini mengingat adanya persaingan yang ketat pada industri perhotelan di Kota Surabaya yang menjadikan untuk selalu dituntut berinovasi baik membuat jenis layanan dan produk baru maupun pengembangan prosedur dengan menggunakan sistem pencatatan transaksi. Fungsi hotel juga kian berubah tidak hanya sebagai penginapan saja, melainkan telah berubah menjadi fasilitas pelngkap dan infrastruktur jika perusahaan ingin melaksanakan event yang direncanakan. Maka dari itu, segala keresahan diatas dapat mengakibatkan timbulnya transaksi kompleks dengan berbagai resiko yang dihadapi dan kebutuhan akan pengendalian internal yang baik untuk dapat mengurangi tindakan yang tak terduga seperti; kesalahan dalam memproses transaksi selama pencatatan, atau tindakan kecurangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hotel Inna Simpang Surabaya dibawah naungan salah satu Badan Usaha Milik Negara yakni PT Hotel Indonesia Natour (HIN) dimana telah menginjak 36 tahun dan termasuk dalam kelas bintang empat sehingga tidak heran untuk patut diperhitungkan sebagai hotel perintis. Hotel ini memiliki dua pendapatan yakni; pendapatan utama dari penjualan kamar dan pendapatan pendamping melalui penjualan produk makanan dan minuman serta penggunaan fasilitas hotel yang ada. Adapun proses bisnis pendapatan yang dilakukan melalui 2 cara; kredit dan tunai dengan menawarkan metode pemesanan dan pembayaran yang dapat digunakan. Pada Hotel Inna Simpang Surabaya, proses pengendalian sangat diperlukan untuk menghindari kesalahan sepele yang bisa berdampak besar pada hotel. Proses pengendalian yang dilakukan di Hotel Inna Simpang Surabaya adalah menerapkan corporate culture, penilaian resiko di setiap kegiatan, penyampaian informasi dan komunikasi secara tepat waktu, dan kegiatan pengawasan langsung dari General Manager yang selanjutnya disampaikan ke kantor pusat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Proses bisnis, siklus pendapatan hotel, resiko, pengendalian internal
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Yunanada Arimbi Setyanins Budi
Date Deposited: 31 Jan 2018 03:38
Last Modified: 31 Jan 2018 03:38
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13824

Actions (login required)

View Item View Item