Analisis pengaruh rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan laba akuntansi terhadap harga saham pada perusahaan farmasi di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016

Pratama, Christian Indra (2017) Analisis pengaruh rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan laba akuntansi terhadap harga saham pada perusahaan farmasi di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu bentuk dari investasi adalah dengan membeli saham. Berinvestasi saham mampu memberikan keuntungan untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Sebelum membeli saham, investor tentu mempertimbangkan beberapa hal supaya saham yang akan dibeli mampu memberikan keuntungan. Salah satu faktor yang menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli saham adalah harga saham. Harga saham yang stabil dan cenderung naik akan lebih dipilih investor. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi harga saham seperti laba akuntansi dan rasio keuangan. Rasio keuangan pada penelitian ini menggunakan rasio likuiditas dan rasio solvabilitas. Pengaruh rasio keuangan terhadap harga saham telah banyak dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu namun belum menghasilkan hasil penelitian yang konklusif, khususnya tiga variabel tersebut. Inkonsistensi hasil penelitian terdahulu menjadi motivasi bagi peneliti untuk melakukan penelitian kembali. Laba akuntansi diukur menggunakan Ln pada laba sebelum pajak, rasio likuiditas diukur menggunakan current ratio dan rasio solvabilitas diukur menggunakan debt to equity ratio. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah perusahaan farmasi di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laba akuntansi tidak mempengaruhi harga saham, sedangkan rasio likuiditas dan rasio solvabilitas berpengaruh positif terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Harga Saham, laba akuntansi, rasio likuiditas, rasio solvabilitas.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 5309 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2018 07:30
Last Modified: 30 Jan 2018 07:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13782

Actions (login required)

View Item View Item