Sayoga, Jefry (2017) Perancangan standard operating procedure atas retur penjualan (Studi praktik kerja pada PT. Rapid Plast Indonesia). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (524kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (236kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (229kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Studi praktik kerja dilakukan di PT Rapid Plast Indonesia yang merupakan suatu perusahaan yang bekerja di bidang kemasan plastik. Agar PT Rapid Plast dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan industri kemasan plastik, maka perusahaan perlu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Diharapkan dengan hubungan yang baik itu, perusahaan dapat menghasilkan laba untuk memperluas pangsa pasarnya di industri kemasan plastik. Saat ini, PT Rapid Plast memiliki banyak pelanggan dari berbagai macam industri seperti PT Unilever, PT Sinarmas, PT Vitapharm, PT Nestle, dan masih banyak lagi. Namun, tidak mudah untuk menjaga relasi baik dengan banyaknya pelanggan. Diperlukan kinerja yang maksimal untuk menghasilkan produk sesuai dengan kesepakatan awal. Dalam hal ini, PT Rapid Plast menggunakan program System Application and Product in data processing (SAP) untuk mengurangi risiko terjadinya kesalahan. Adanya program SAP seharusnya dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Namun, pemagang menemukan banyaknya laporan keluhan dan retur penjualan dari pelanggan. Dari bukti tersebut, penelitian ini dilakukan oleh pemagang untuk menganalisis dan menemukan masalah atas ketidakpuasan pelanggan. Retur penjualan yang terjadi dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Biaya yang dikeluarkan dari adanya retur juga bermacam-macam dan menimbulkan kerugian keuangan. Maka perusahaan perlu Standard Operating Procedure (SOP) untuk menyelesaikan permasalahan retur penjualan tersebut dan untuk mengurangi risiko terjadinya kesalahan produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | System application and product in data processing (SAP), laporan retur penjualan dan keluhan, standard operating procedure (SOP) |
Subjects: | Business > Accounting Business |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Users 5064 not found. |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 02:03 |
Last Modified: | 26 Jan 2018 02:03 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13505 |
Actions (login required)
View Item |