Pengaruh pemberian senyawa asam 2-(3-klorobenzoiloksi)benzoat terhadap efek ulserogenik dan histopatologi lambung tikus wistar

David, Friantana Rayadi (2017) Pengaruh pemberian senyawa asam 2-(3-klorobenzoiloksi)benzoat terhadap efek ulserogenik dan histopatologi lambung tikus wistar. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 post sidang SKRIPSI.pdf

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)

Abstract

Asam asetilsalisilat yang merupakan golongan AINS (Anti Inflamasi Non Steroid) non-selektif enzim COX-2 sering menimbulkan masalah pada saluran cerna khususnya lambung dikarenakan obat AINS dapat menurunkan sintesis PGE_2 lambung yang berguna untuk membentuk mukosa lambung. Pada penelitian sebelumnya telah berhasil dilakukan sintesis dan uji aktivitas analgesik senyawa asam 2-(3-klorobenzoiloksi)benzoat pada mencit, diperoleh harga ED_50 sebesar 20.09 mg/kgBB. Penelitian efek ulserogenik ditujukan untuk melengkapi data toksisitas yang sudah ada sebelumnya. Penelitian dilakukan dengan uji kemurnian senyawa sisa dari sintesis penelitian sebelumnya menggunakan KLT, titik leleh, spektofotometer-IR. Pengujian ulserogenik menggunakan subjek hewan tikus wistar jantan dan betina yang dibagi dalam 6 kelompok yaitu, kelompok kontrol negatif betina, kelompok kontrol negatif jantan yang diberi PGA, kelompok kontrol positif betina, kelompok kontrol positif jantan yang diberi asam asetilsalisilat, kelompok uji betina, kelompok uji jantan yang diberi asam 2-(3-klorobenzoiloksi)benzoat. Selama pengujian senyawa diberikan secara per oral selama 7 hari dengan dosis 9mg/kgBB, pada hari ke-8 dilakukan pembedahan dan lambung diamati secara makroskopis dan mikroskopis. Hasil uji ulserogenik menunjukan tingkat ulser asam 2-(3-klorobenzoiloksi)benzoat lebih rendah dibanding senyawa asam asetilsalisilat secara makroskopis dan mikroskopis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Asam 2-(3-klorobenzoiloksi)benzoat, asam asetilsalisilat, uji ulserogenik, makroskopis, mikroskopis.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 5007 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:55
Last Modified: 24 Jan 2018 04:55
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13364

Actions (login required)

View Item View Item