Pengaruh pemberian buah pare (Momordica charantia L.) dalam bentuk fruit pulp terhadap parameter farmakokinetika obat diabetes pioglitazone

Dewanti, Adytya (2017) Pengaruh pemberian buah pare (Momordica charantia L.) dalam bentuk fruit pulp terhadap parameter farmakokinetika obat diabetes pioglitazone. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian buah pare dalam bentuk sediaan fruit pulp terhadap parameter farmakokinetika obat diabetes pioglitazone. Penelitian ini menggunakan metode crossover design. Penelitian ini menggunakan buah pare dengan varietas pare ayam serta obat diabetes pioglitazone dengan subyek enam kelinci jantan New Zealand berumur 8-10 minggu, berat 2,13±0,24 kg. Kelinci yang telah dibuat diabetes menggunakan aloksan dengan dosis 100mg/kgBB diberikan dua perlakuan. Perlakuan A pemberian pioglitazone tunggal, perlakuan B pemberian pioglitazone dikombinasikan dengan fruit pulp buah pare, dosis pioglitazone 1,4 mg/kgBB dan dosis fruit pulp sebesar 650 mg/kgBB. Pengambilan cuplikan sampel dilakukan jam ke 0; 0,5; 1; 2; 4; 6; 8; 12 dan 24 selanjutnya dilakukan penetapan kadar obat serta penetapan kadar gula darah. Penetapan kadar pioglitazone dilakukan menggunakan spektrofotometer UV-VIS, penetapan kadar gula darah menggunakan glukotest. Penelitian ini menggunakan metode crossover design serta analisis data menggunakan paired t-test (α=0,05). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menggunakan enam ekor kelinci New Zealand yang telah diinduksi diabetes ini dapat menunjukkan bahwa pemberian buah pare dalam bentuk sediaan fruit pulp menurunkan parameter farmakokinetika tetapan laju eliminasi (Ke), klirens (ClT), waktu puncak plasma (tmaks) dan meningkatkan waktu paruh eliminasi (t1/2), tetapan laju absorbsi (Ka), dan [AUC], konsentrasi maksimum (Cmaks), lag time (t0) dari pioglitazone serta pemberian buah pare dalam bentuk sediaan fruit pulp mempengaruhi penurunan kadar gula darah dari obat pioglitazone sebagai akibat dari pemberian terapi secara bersamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Antidiabetes , buah pare, fruit pulp, pioglitazone
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 5011 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:50
Last Modified: 30 Jan 2018 02:25
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13358

Actions (login required)

View Item View Item