Studi biaya kemoterapi gemcitabine kombinasi cisplatin dengan gemcitabine kombinasi carboplatin pada pasien kanker paru di RSUD Dr.Soetomo Surabaya

Rantis, Rosela Dike (2017) Studi biaya kemoterapi gemcitabine kombinasi cisplatin dengan gemcitabine kombinasi carboplatin pada pasien kanker paru di RSUD Dr.Soetomo Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (540kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy

Abstract

Kanker paru adalah penyebab utama kematian karena kanker di seluruh dunia. Kanker paru juga merupakan kanker dengan biaya pengobatan yang sangat besar. Besarnya biaya terapi kanker paru disebabkan oleh banyaknya pilihan terapi dan tingginya biaya obat sitotastika. Regimen kemoterapi yang digunakan adalah gemcitabine kombinasi cisplatin dengan gemcitabine kombinasi carboplatin. Biaya keluaran kemoterapi kedua kombinasi berbeda. Oleh karena itu perlu dilakukan studi biaya kemoterapi gemcitabine kombinasi cisplatin dengan gemcitabine kombinasi carboplatin sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan terapi dan biaya yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya kemoterapi dan biaya medik langsung rata-rata antara pasien kanker paru yang diberikan kemoterapi gemcitabine kombinasi cisplatin dengan gemcitabine kombinasi carboplatin pada pasien kanker paru di RSUD Dr.Soetomo Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian cross sectional. Pengambilan data dilakukan secara restropektif dari rekam medik pasien, instalasi farmasi, dan instalasi teknologi informasi komunikasi rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan dari 20 pasien kanker paru 15 pasien (75%) merupakan pasien laki- laki dengan sebaran rentang usia paling banyak pada usia 50-57 tahun (30%). Biaya kemoterapi rata-rata rejimen Gem/Cis Rp21.483.870,00 pada tiga siklus pengobatan dan Rp28.103.588 pada empat siklus pengobatan. Biaya kemoterapi rata-rata rejimen Gem/Carb Rp18.819.109,00 pada tiga siklus pengobatan dan Rp20.802.204,00 pada empat siklus pengobatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: studi biaya, kanker paru, NSCLC, biaya kemoterapi,biaya medik langsung
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 4904 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 11:18
Last Modified: 23 Jan 2018 11:18
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13352

Actions (login required)

View Item View Item