Pengaruh suhu dan lama penyimpanan terhadap perubahan kadar theaflavin dan thearubigin, kadar air dan aktivitas air teh hitam yang dikemas pada kemasan high density polyethylene (hdpe) 0,03 mm

Sumanto, Adrian Pramana (2015) Pengaruh suhu dan lama penyimpanan terhadap perubahan kadar theaflavin dan thearubigin, kadar air dan aktivitas air teh hitam yang dikemas pada kemasan high density polyethylene (hdpe) 0,03 mm. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Antioksidan merupakan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Senyawa ini dapat mencegah terjadinya oksidasi di dalam tubuh. Teh merupakan salah satu produk pangan yang mengandung antioksidan dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Antioksidan yang banyak terdapat pada teh hitam adalah theaflavin dan thearubigin. Selain itu theaflavin dan thearubigin merupakan indikator yang menentukan kualitas teh hitam. Kadar theaflavin dan thearubigin dalam teh hitam dapat mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah suhu dan lama penyimpanan. Perubahan tersebut dapat dihambat dengan mengemas teh hitam dalam plastik High Density Polyethylene (HDPE). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan terhadap kadar senyawa theaflavin dan thearubigin, kadar air, dan aktivitas air dari teh hitam BP1 pada kemasan HDPE. Hasil pengujian menunjukkan kadar air dan aktivitas air teh hitam cenderung menurun seiring dengan meningkatnya suhu penyimpanan pada waktu pengamatan yang sama kecuali pada perlakuan suhu 100C serta menurun selama proses penyimpanan. Kadar air dan aktivitas air teh hitam cenderung dipengaruhi RH lingkungan. Hasil pengujian kadar air dan aktivitas air menunjukkan adanya interaksi antara suhu lingkungan dan waktu penyimpanan terhadap kadar air dan aktivitas air teh hitam. Perbandingan kadar theaflavin dan thearubigin menurun seiring dengan meningkatnya suhu pada waktu pengamatan yang sama dan selama proses penyimpanan. Hasil pengujian perubahan perbandingan kadar theaflavin dan thearubigin menunjukkan adanya interaksi antara suhu lingkungan dan waktu penyimpanan terhadap perbandingan kadar theaflavin dan thearubigin. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui energi aktivasi perubahan theaflavin menjadi thearubigin teh hitam sebesar -610,933 Kal/mol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculity of Agricultural Tehnology" not defined]
Uncontrolled Keywords: teh hitam, theaflavin, thearubigin, kadar air, aktivitas air, suhu penyimpanan, HDPE
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 18 Jan 2018 07:59
Last Modified: 18 Jan 2018 07:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13143

Actions (login required)

View Item View Item