Pengaruh perbedaan proporsi tepung daun sirsak (annona muricata l.) dan teh hitam terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik dalam minuman

Hardono, Chirstina (2015) Pengaruh perbedaan proporsi tepung daun sirsak (annona muricata l.) dan teh hitam terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik dalam minuman. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Teh daun sirsak didapatkan dari penepungan teh hitam dan daun sirsak. Perkembangan teknologi pengolahan teh hitam menjadi minuman menjadi peluang untuk mengkombinasikan dengan daun sirsak. Daun sirsak (Annona muricata L.) merupakan tanaman famili Annonaceae yang mulai banyak digunakan oleh masyarakat sebagai obat. Seduhan daun sirsak memiliki aroma yang kurang sedap dan rasa yang sepat sehingga dapat menurunkan tingkat kesukaan. Kekurangan tersebut dapat diatasi dengan mengkombinasikan daun sirsak dengan teh hitam yang ditepungkan sehingga memiliki ukuran yang sama. Tepung daun sirsak dan teh hitam ditepungkan dan dikemas dalam kantong teh. Perbedaan proporsi tepung daun sirsak dan teh hitam diduga mempengaruhi karakteristik minuman teh daun sirsak yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proporsi tepung daun sirsak dan teh hitam terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik minuman teh daun sirsak. Rancangan penelitian yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) dengan satu faktor yaitu proporsi tepung daun sirsak dan teh hitam yang terdiri dari enam taraf perlakuan yaitu 0:100 ; 10:90 ; 20:80; 30:70; 40:60; 50:50 dan 100:0% (b/b) sebagai kontrol untuk analisa pH, total asam, warna, kekeruhan. Setiap perlakuan dilakukan pengulangan sebanyak 4 kali. RAL (Rancangan Acak Lengkap) digunakan untuk uji organoleptik (kesukaan terhadap warna, aroma dan rasa). Nilai hue angle berkisar antara 11,7-100,0; nilai chroma berkisar antara 3,8-6,0; nilai kekeruhan berkisar antara 109,9-168,7 NTU; nilai pH berkisar antara 4,87-6,16; nilai total asam berkisar antara 9,86-50,83 mg asam galat/100 mL seduhan. Perlakuan terbaik berdasarkan uji pembobotan adalah perlakuan dengan proporsi tepung daun sirsak dan teh hitam sebesar 10:90% (b/b).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculity of Agricultural Tehnology" not defined]
Uncontrolled Keywords: teh hitam, daun sirsak, sifat fisikokimia, organoleptik.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 18 Jan 2018 07:46
Last Modified: 24 Apr 2019 04:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13142

Actions (login required)

View Item View Item