Korelasi antara rerata durasi olahraga perminggu dengan kecepatan motorik halus pada lansia di panti asuhan dan panti jompo Bhakti Luhur Tropodo

Suhardi, Maria Amelia (2017) Korelasi antara rerata durasi olahraga perminggu dengan kecepatan motorik halus pada lansia di panti asuhan dan panti jompo Bhakti Luhur Tropodo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (866kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (582kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Salah satu komponen agar lansia bisa hidup mandiri dan produktif adalah kemampuan motorik halus, yang bisa dijaga dengan olahraga. Olahraga yang dijalankan di Panti Asuhan dan Panti Jompo Bhakti Luhur berupa Oma-oma’s gym dan tai chi yang efeknya belum pernah diteliti sebelumnya, oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara rerata durasi perminggu olahraga Omaoma’s gym dan tai chi dengan rata-rata kemampuan motorik halus yang tergambar dalam Finger Tapping Test pada lansia di Panti Asuhan dan Panti Jompo Bhakti Luhur Tropodo. Penelitian ini dilaksanakan secara cross-sectional dengan purposive sampling. Didapatkan sampel sebanyak 22 orang lansia (≥60 tahun) yang bisa mengerti dan mengikuti perintah yang diberikan, dan bersedia mengikuti penelitian, serta tidak memiliki jejas motorik, gejala parkinsonisme, nyeri di tangan dominan saat melakukan finger tapping, arthritis tangan dominan, dan tidak meminum obat-obatan psikiatrik. Dengan uji Spearman rank correlation, didapatkan korelasi lemah yang tidak signifikan antara rerata durasi olahraga per minggu selama 12 minggu dengan rata-rata hasil finger tapping pada percobaan ketiga-kelima (r=0,341, p=0,120). Hasil ini mungkin disebabkan karena desain penelitian yang observasional, kurangnya validitas data, kurangnya sampel penelitian, dan mood serta motivasi subjek penelitian yang tidak bisa dikontrol. Kemungkinan lain yang dapat menyebabkan hasil yang tidak signifikan adalah jenis dan/atau lama dari kombinasi senam di panti ini tidak memberikan efek terhadap kemampuan motorik halus. Namun, hal ini hanya dapat dibuktikan bila desain penelitian eksperimental dengan jumlah sampel yang cukup. Pada penelitian selanjutnya, disarankan untuk memakai jenis penelitian eksperimental dengan sampel yang lebih banyak. Untuk Panti Asuhan dan Panti Jompo Bhakti Luhur diharapkan tetap melaksanakan senam setiap harinya karena manfaat senam terhadap kesehatan sudah terbukti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Medicine" not defined]
Uncontrolled Keywords: Elderly, exercise duration, fine motor skill, lansia, durasi olahraga, kemampuan motorik halus
Subjects: Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine > Medical Study Program
Depositing User: Users 4912 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 06:39
Last Modified: 16 Jan 2018 03:21
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13060

Actions (login required)

View Item View Item