Laporan Kerja Praktek PT. XYZ

William, Tommy and Elizabeth Marchelina, Jesica (2017) Laporan Kerja Praktek PT. XYZ. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engieneering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)

Abstract

PT.XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dibidang painting and coating. Berdiri sejak tahun 2014 di Surabaya, Jawa Timur. PT.XYZ telah memiliki tiga jenis produk cat di antaranya cat dasar besi, cat kayu dan besi, dan cat tembok. Permasalahan yang terjadi pada PT.XYZ adalah terdapat non-value added activity tiap departemen produksi sehinga tidak dapat ditetapkannya waktu standard yang tepat untuk tiap departemen produksi. Melihat kondisi tersebut perlu dilakukan perbaikan standard waktu dari departemen produksi dengan cara menghilangakan non-value added activity, membuat perancangan SOP baru guna memberikan waktu yang optimal dari tiap departemen produksi, dan memberikan masukan guna mendukung perbaikan waktu dari tiap departemen produksi. Teori yang digunakan VSM (Value Steam Mapping), Pengukuran kinerja, Allowances, Lean Manufacturing, dan Value added, non-value added dan required value added. Pengambilan data waktu produksi dilakukan dengan metode pengukuran kinerja menggunakan bantuan stopwatch, kemudian digunakan Value Stream Mapping sebagai tools yang membantu untuk menganalisa waste dalam tiap proses. Hasil analisa dengan menghilangakan non-value added activity memberikan perbedaan yang cukup signifikan pada beberapa departemen produksi. Setelah non-value added activity dihilangkan dalam proses penimbangan cat dasar besi dan cat tembok terjadi penghematan berturut-turut sebesar 15.7% dan 16.5%, pada proses mixing terjadi penghematan berturut-turut sebesar 6.9% dan 2%, pada proses tinting terjadi penghematan berturut-turut sebesar 21.7% dan 0.7%, dan pada proses packing terjadi penghematan berturut-turut sebesar 36.2% dan 35.8%. Jika dibandingkan dengan waktu produksi setelah non-value added activity dihilangkan dengan waktu produksi setelah perancangan SOP penghematan yang terjadi pada proses penimbangan cat dasar besi dan cat tembok beturut-turut adalah 25% dan 33% dan pada proses untuk cat dasar besi dan cat tembok berturut-turut 27% dan 38%, sedangkan dengan adanya SOP untuk proses mixing dan tinting pada cat dasar besi dan cat tembok dapat di standaradkan menjadi 1 jam 7 menit dan 1 jam 39 menit untuk proses mixing dan 2 jam 2 menit dan 2 jam 25 menit untuk proses tinting.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engieneering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Lean Manufacturing, Value Stream Mapping, Standard time
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Tommy William
Date Deposited: 25 Jan 2018 15:18
Last Modified: 25 Jan 2018 15:18
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/13041

Actions (login required)

View Item View Item