Widjaya, Oscar (2015) Strategi pemasaran kerupuk udang berserat. Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP)). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (17kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
Preview |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Download (25kB) | Preview |
Abstract
Pemasaran merupakan salah satu cara agar produsen dapat memperoleh laba dengan menjual barang maupun jasa. Strategi pemasaran merupakan strategi pengembangan proses orientasi pasar, yang terlibat dalam lingkungan bisnis yang berubah dan kebutuhan untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen. Beberapa strategi pemasaran yang biasa digunakan adalah segmentasi pasar, promosi, keunggulan bersaing, dll. Barang atau jasa yang paling banyak dipasarkan adalah produk makanan, salah satunya kerupuk udang berserat. Alasan pemilihan produk tersebut adalah dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Kerupuk udang berserat ini telah dipasarkan di warung makan soto daging spesial tulang iga yang berada di daerah Gatotan, Surabaya. Produk dititipkan ke warung makan agar konsumen dapat membeli secara langsung. Adapun strategi yang dilakukan agar konsumen mau membeli kerupuk udang berserat adalah dengan penjualan langsung. Simulasi dilakukan untuk skala lebih besar berdasarkan praktek penjualan tersebut meliputi pemilihan pasar yang dituju, strategi promosi (pemberian tester), memberikan kemasan berlabel, strategi iklan. Strategi yang paling efektif pada saat produsen menjual produk di warung makan adalah strategi keunggulan bersaing karena banyak konsumen yang mengetahui manfaat serat bagi tubuh. Strategi promosi tidak dapat diaplikasikan karena membutuhkan biaya lebih besar dari strategi pemasaran lainnya. Strategi promosi diaplikasikan berdasarkan jumlah produk yang terjual yaitu peluang penjualan produk harus lebih besar dari biaya yang digunakan untuk strategi promosi.
Item Type: | Monograph (Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP))) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran, kerupuk udang berserat |
Subjects: | Agriculture and Food Technology |
Divisions: | Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program |
Depositing User: | Thomas Aryanatan Lena |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 02:14 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 02:14 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12731 |
Actions (login required)
View Item |