Perubahan sifat fisikokimia tepung beras organik merah varietas saodah selama penyimpanan dalam kemasan plastik polipropilen

Artha, A. Angga Kurnia (2014) Perubahan sifat fisikokimia tepung beras organik merah varietas saodah selama penyimpanan dalam kemasan plastik polipropilen. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)

Abstract

Pengembangan produk diversikasi beras merah varietas lokal dengan mengubah menjadi tepung mengakibatkan umur simpan menjadi menurun. Salah satu cara menghambat penurunan umur simpan tepung beras merah yaitu dilakukan pengemasan dengan plastik polipropilen (PP). Plastik polipropilen memiliki densitas rendah, memiliki titik lunak lebih tinggi dibandingkan polietilen, transmisi uap air rendah, dan permeabilitas gas sedang, sehingga cocok sebagai pengemas tepung beras merah organik. Penelitian ini bertujuan mengetahui perubahan sifat fisikokimia tepung beras merah varietas Saodah selama disimpan dalam kemasan polipropilen (PP). Rancangan penelitian yang digunakan adalah pengujian deskriptif perubahan sifat fisikokimia tepung beras merah varietas Saodah saat dikemas dalam kemasan plastik polipropilen dan diamati pada umur simpan bulan ke 0, 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Percobaan ini menggunakan pengulangan sejumlah tiga kali setiap perlakuan. Parameter perubahan sifat fisikokimia yang diamati meliputi kadar air, kadar amilosa, dan swelling serta didukung kadar gula reduksi. Data akan dihitung rata-rata (dua ulangan dengan nilai terbaik) dan simpangan deviasi untuk perubahan sifat fisikokimia tersebut. Hasil menunjukkan bahwa perubahan kadar air dan swelling tepung beras merah cenderung meningkat sedangkan trendline perubahan kadar amilosa san kadar gula reduksi cenderung menurun sesuai dengan lamanya penyimpanan. Kadar air tepung beras merah terendah terjadi pada penyimpanan bulan ke – 0 yaitu 11,78±0,12% dan tertinggi pada bulan ke – 4 yaitu 13,63±0,01%. Swelling tepung beras merah terendah terjadi pada penyimpanan bulan ke – 4 yaitu 7,77±0,2% dan tertinggi pada bulan ke – 3 yaitu 10,22±0,9%. Kadar amilosa tepung beras merah terendah terjadi pada penyimpanan bulan ke – 6 yaitu 21,01±0,008% dan tertinggi pada bulan ke -1 yaitu 37,50±1,65%. Kadar gula reduksi tepung beras merah terendah terjadi pada penyimpanan bulan ke – 6 yaitu 0,21±0,00% dan tertinggi pada bulan ke - 4 yaitu 0,27±0,00%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Tepung beras merah, Plastik Polipropilen, Sifat fisikokimia tepung beras merah i
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 18 Oct 2017 02:25
Last Modified: 18 Oct 2017 02:25
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12689

Actions (login required)

View Item View Item