Karakteristik fisikokimia beras organik putih varietas jasmine yang telah disimpan pada suhu ruang selama enam bulan dalam kemasan polietilen dan polipropilen

Jedida, Intan Putri L. (2014) Karakteristik fisikokimia beras organik putih varietas jasmine yang telah disimpan pada suhu ruang selama enam bulan dalam kemasan polietilen dan polipropilen. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Penyimpanan dapat menyebabkan sejumlah perubahan terhadap sifat fisikokimia beras. Beras merupakan bahan pangan yang masih mengalami respirasi dan metabolisme selama penyimpanan sehingga dapat menyebabkan perubahan kadar komponen pada beras, seperti pati, gula reduksi, dan air. Beras harus dijaga agar tidak rusak secara fisik maupun kimia sebelum dikonsumsi, salah satu caranya adalah dengan pengemasan. Bahan pengemas yang digunakan untuk menyimpan beras akan mempengaruhi kualitas beras selama distribusi dan penyimpanan. Pengemas yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah kemasan plastik polipropilen dan polietilen. Kedua jenis kemasan tersebut memiliki perbedaan karakteristik sehingga diduga dampaknya terhadap beras yang disimpan selama 6 (enam) bulan juga berbeda. Perubahan kadar pati dan gula reduksi selama penyimpanan akan mempengaruhi perubahan karakteristik tekstur nasi yang dihasilkan. Tekstur merupakan salah satu atribut fisikokimia yang penting dan digunakan sebagai indikator penerimaan konsumen terhadap nasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik fisikokimia beras organik putih varietas Jasmine yang telah disimpan selama 6 (enam) bulan dalam plastik polipropilen dan polietilen 0,8 mm. Obyek penelitian ini adalah beras organik putih varietas Jasmine yang telah disimpan pada suhu ruang selama 6 (enam) bulan dalam kemasan plastik polipropilen dan polietilen. Variabel yang diukur pada sampel kedua populasi tersebut adalah kadar pati, kadar gula reduksi, kadar air, kadar amilosa, foto mikroskopis granula, serta pengujian terhadap tekstur nasi. Data yang ada akan diuji menggunakan uji signifikansi parsial (uji t) dengan α=5% untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan karakteristik fisikokimia beras organik putih varietas Jasmine yang telah disimpan pada suhu ruang selama 6 (enam) bulan dalam plastik polipropilen dan polietilen 0,8 mm.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Uncontrolled Keywords: beras organik varietas Jasmine, penyimpanan, polipropilen, polietilen
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 04 Sep 2017 07:41
Last Modified: 04 Sep 2017 07:41
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12511

Actions (login required)

View Item View Item