Kadar senyawa bioaktif dan aktivitas antioksidan tepung beras organik varietas lokal dengan pengemas polipropilen selama enam bulan penyimpanan

Pranata, Fanny Aprilia (2013) Kadar senyawa bioaktif dan aktivitas antioksidan tepung beras organik varietas lokal dengan pengemas polipropilen selama enam bulan penyimpanan. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Pangan merupakan bahan yang penting bagi manusia, contohnya beras. Beras ditanam menggunakan pupuk kimia dan pestisida yang menimbulkan dampak negatif pada tubuh. Kesadaran masyarakat akan kesehatan meningkat sehingga pola konsumsi bergeser ke beras organik. Beras yang digunakan yaitu beras organik (putih, merah, dan hitam) varietas lokal. Beras organik memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Beras dapat diolah menjadi tepung yang dimanfaatkan masyarakat untuk di olah dan menghasilkan produk makanan lain. Tepung beras yang beredar dimasyarakat biasanya dikemas dengan plastik polipropilen. Umur simpan beras berwarna umumnya enam bulan demikian pula pada tepung berasnya. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pengaruh tepung organik varietas lokal yang disimpan dengan kemasan polipropilen terhadap total fenol, total flavonoid, dan total antosianin serta kemampuan menangkap radikal bebas DPPH, dan kemampuan reduksi ion besi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK), terdiri dari 1 (satu) faktor yaitu lama penyimpanan pada masing-masing tepung beras organik (putih, merah, dan hitam) yang masing-masing diulang sebanyak tiga kali. Parameter yang diuji ialah pengujian senyawa bioaktif yakni total fenolik, total flavonoid, dan total antosianin, serta aktivitas antioksidan meliputi kemampuan menangkal radikal bebas DPPH dan kemampuan mereduksi ion besi. Parameter pendukung yakni kadar air dan kadar Fe. Data hasil pengujian dianalisa dengan ANOVA (Analysis of Varians) pada α=5%, untuk mengetahui adanya perlakuan yang diberikan berpengaruh nyata terhadap parameter yang diuji. Jika hasil ANOVA menunjukkan pengaruh nyata, maka dilanjutkan dengan uji beda jarak nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test/ DMRT) pada α = 5% untuk mengetahui taraf faktor yang memberikan beda nyata.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Uncontrolled Keywords: beras putih, beras merah, beras hitam, tepung beras, senyawa bioaktif, aktivitas antioksidan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 31 Aug 2017 08:47
Last Modified: 31 Aug 2017 08:47
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12504

Actions (login required)

View Item View Item