Pengaruh penambahan susu skim dan lama penyimpanan terhadap viabilitas bakteri asam laktat yogurt bit merah (Beta vulgaris L.)

Widjaja, Witny (2013) Pengaruh penambahan susu skim dan lama penyimpanan terhadap viabilitas bakteri asam laktat yogurt bit merah (Beta vulgaris L.). Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Dewasa ini permintaan produk probiotik khususnya yogurt semakin meningkat, sehingga banyak produsen yang berinovasi dalam mengembangkan produk yogurt, salah satunya yogurt bit merah. Yogurt adalah hasil pengolahan susu melalui proses fermentasi oleh Bakteri Asam Laktat (BAL), Streptococcus salivarius ssp. Thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii ssp. bulgaricus . Bit merah merupakan umbi yang memiliki komponen seperti gula sederhana (glukosa) yang dapat berperan sebagai substrat bagi bakteri asam laktat (BAL). Pemanfaatan susu sapi segar sebagai bahan utama dalam pembuatan yogurt merupakan salah satu upaya untuk memperpanjang umur simpan susu sapi segar. Namun terdapat kendala dalam penggunaan susu sapi segar yaitu kurangnya kandungan laktosa dalam susu sapi segar. Untuk itu dilakukan penambahan susu skim yang bertujuan untuk sumber substrat bagi bakteri asam laktat (BAL). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan susu skim pada susu sapi segar dalam pembuatan yogurt bit merah, lama penyimpanan dan interaksinya terhadap jumlah viabilitas BAL yogurt bit merah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah RAK (Rancangan Acak Kelompok) Faktorial dengan dua faktor yaitu penambahan susu skim (1% b/v, 2% b/v, 3% b/v) dan lama penyimpanan (0,7, dan 14 hari). Pengulangan dilakukan 3 kali. Parameter yang diuji meliputi pH, total BAL, dan warna.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Uncontrolled Keywords: Bit Merah, Yogurt, Viabilitas Bakteri Asam Laktat
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 31 Aug 2017 08:38
Last Modified: 31 Aug 2017 08:38
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item View Item