Pengaruh jenis pengemas terhadap sifat fisikokimia beras organik putih, merah, dan hitam varietas lokal selama 6 bulan penyimpanan

Gunawan, Kristin Maria (2014) Pengaruh jenis pengemas terhadap sifat fisikokimia beras organik putih, merah, dan hitam varietas lokal selama 6 bulan penyimpanan. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)

Abstract

Beras organik (Oryza sativa) merupakan beras yang dihasilkan dari tanaman padi dengan prinsip pertanian organik. Jenis beras organik yang terdapat di Indonesia antara lain beras organik putih varietas Jasmine, beras organik merah varietas Saodah, dan beras organik hitam varietas Jawa. Beras berwarna memiliki umur simpan sekitar 6 bulan penyimpanan. Selama penyimpanan beras dapat mengalami penurunan mutu karena adanya perubahan sifat fisikokimia. Sifat fisikokimia beras meliputi kadar air, kadar amilosa, dan swelling. Kadar air yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan kerja enzim yang masih aktif dalam biji beras. Enzim yang dominan dalam beras adalah enzim amilolitik, karena enzim tersebut bekerja spesifik menghidrolisa komponen pati seperti amilosa. Perubahan kadar amilosa dapat mempengaruhi kemampuan swelling granula pati. Salah satu cara menjaga penurunan mutu fisikokimia beras yaitu dengan menggunakan pengemas plastik berbahan polietilen (PE) dan polipropilen (PP) dengan ketebalan 0,8 mm. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial tersarang, yaitu lama penyimpanan yang tersarang dalam jenis pengemas yang berbeda pada tiga jenis beras organik (putih, merah dan hitam). Pengulangan dilakukan sebanyak tiga kali untuk setiap perlakuan, sehingga diperoleh 48 satuan percobaan. Parameter utama yang diuji adalah kadar air, kadar amilosa, dan swelling. Data yang diperoleh akan dianalisa statistik dengan uji ANOVA pada α = 5%, jika ada beda nyata akan dilanjutkan dengan uji Beda Jarak Nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) untuk menentukan taraf perlakuan yang memberikan perbedaan nyata. Hasil penelitian yang diharapkan adalah mengetahui tingkat perubahan fisikokimia beras selama 6 bulan penyimpanan menggunakan kemasan plastik polietilen (PE) dan polipropilen (PP).

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural" not defined]
Uncontrolled Keywords: beras organik putih, merah, dan hitam, sifat fisikokimia, penyimpanan dan pengemas.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 24 Aug 2017 03:24
Last Modified: 24 Aug 2017 07:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item View Item