Perencanaan unit pengolahan biji gandum menjadi terigu protein sedang pada pabrik dengan kapasitas bahan baku 150 ton/hari.

Rachel, Meiliawati Y., Wijaya, Ingelia and Ria, Kurniawati B. (2015) Perencanaan unit pengolahan biji gandum menjadi terigu protein sedang pada pabrik dengan kapasitas bahan baku 150 ton/hari. Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP)). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
BAB 9.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Terigu merupakan salah satu produk yang digunakan pada beberapa industri pengolahan pangan misalnya roti, kue, mie, dan makanan ringan. Industri pengolahan biji gandum menjadi terigu memiliki potensi yang cukup baik karena kebutuhan terigu di Indonesia semakin meningkat. Unit pengolahan biji gandum menjadi terigu protein sedang direncanakan memiliki kapasitas 150 ton/hari. Terigu yang dihasilkan merupakan terigu protein sedang (all purpose flour) dengan kadar air 14,30% yang dapat digunakan untuk berbagai macam produk pangan. Unit pengolahan biji gandum menjadi terigu protein sedang direncanakan didirikan pada Jalan Raya Semarang no 10, Jenu, Tuban, Jawa Timur. Badan usaha yang digunakan dalam unit pengolahan biji gandum menjadi terigu protein sedang adalah Perseroan Terbatas (PT.) dengan jenis perusahaan terbuka. Struktur organisasi yang digunakan adalah organisasi Lini dan Staf. Unit pengolahan biji gandum menjadi terigu protein sedang memiliki karyawan sebanyak 80 orang dengan jam kerja terbagi dalam 3 shift. Unit pengolahan biji gandum menjadi terigu protein sedasng menggunakan 2 jenis gandum yaitu hard wheat dan soft wheat dengan proporsi 70:30. Proses pengolahan gandum diawali dengan proses pembersihan, conditioning, penggilingan dan pengemasan dengan kemasan Polypropylene 25 kg. pada unit ini juga dihasilkan By Product yaitu bran dan pollard yang dikemas dengan kemasan Polypropylene 25 kg. utilitas yang digunakan pada unit pengolahan biji gandum menjadi terigu protein sedang meliputi air, listrik, dan solar. Unit pengolahan biji gandum menjadi terigu protein sedang memiliki laju pengembalian modal sesudah pajak (ROR) sebesar 25,04% yang lebih besar dari MARR (Minimum Attractive Rate of Return) sebesar 17%. Waktu pengembalian modal sesudah pajak 3 tahun 4 bulan 2 hari. Titik impas/ Break Even Point (BEP) yang diperoleh sebesar 40,65%. Berdasarkan faktor teknis dan ekonomis, unit pengolahan biji gandum menjadi terigu yang direncanakan layak didirikan dan dioperasikan.

Item Type: Monograph (Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP)))
Uncontrolled Keywords: Gandum, Terigu, Unit Pengolahan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 16 Aug 2017 08:27
Last Modified: 16 Aug 2017 08:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12228

Actions (login required)

View Item View Item